Memulai sebuah usaha selalu menjadi persoalan yang rumit dan tidak mudah. Tapi bila Anda adalah Mompreneur, maka semua bisa menjadi lebih rumit dari yang lain. Ada banyak persoalan unik yang harus dihadapi Mompreneur dan tidak perlu di hadapi oleh pelaku usaha lain.

5 langkah awal memulai usaha untuk mompreneur

Bicara mengenai seorang ibu, maka Anda akan membayangkan mereka bergelut dengan anak-anak mereka, tenggelam dalamsetumpuk pekerjaan rumah tangga, melayani suami dan kehidupan sosialita yang menyertai mereka. Kehidupan yang kompleks selalu menjadi ciri dari seorang ibu dan tidak bisa terlepas begitu saja. Sehingga keputusan memulai usaha akan memerlukan langkah strategis yang tepat.

Lalu bagaimana langkah awal yang tepat ketika seorang ibu berniat memulai usahanya?

  1. Persiapkan keluarga
    Ini adalah masalah terbesar bagi seorang ibu, karena ada banyak hal yang bergantung pada keberadaan dan kehadiran ibu yakni keluarga. Jadi bicarakan rencana usaha Anda ini dengan keluarga dan ajak mereka terlibat ketika Anda mengatur jadwal Anda dan ketika Anda merencanakan langkah Anda. Dengan langkah ini keluarga akan berada pada posisi siap menghadapi perubahan akibat usaha yang Anda mulai.
  2. Buat perencanaan
    Bila seorang entrepreneur biasa saja harus membuat perencanaan yang cukup baik dalam memulai usaha, maka hal ini jelas lebih wajib bagi Anda seorang mompreneur yang memiliki banyak tanggung jawab lain dalam kehidupan Anda. Dengan perencanaan Anda bisa membuat langkah usaha Anda lebih terarah dan teratur, sehingga Anda tetap bisa menjaga keseimbangan antara usaha dan tugas Anda sebagai ibu dan istri.
  3. Buat Anggaran
    Ketika seorang ibu memulai sebuah usaha, maka jelas satu poin penting adalah menyiapkan modal. Modal yang terbebas dari kepentingan keluarga dan memiliki pos terpisah dan kewajiban rumah tangga. Lakukan anggaran, seberapa besar modal Anda, rencana keuangan usaha dengn tetap mempertimbangkan rencana keuangan keluarga. Kini Anda harus mengatur 2 pos keuangan sekaligus, keuangan usaha dan keuangan rumah tangga. Lakukan dengan terpisah dan control masing-masing pos dengan baik.
  4. Fokus Pada Hal penting
    Ini lah masalah yang kerap menjadi persoalan banyak wanita, ada banyak hal yang ada di kepala dan ada hal yang terus mengusik pikiran Anda. Nilai buruk dari anak-anak di sekolah, pergunjingan tetangga tadi pagi mengenai seorang tetangga Anda yang lain, masakan apa yang akan Anda sajikan siang ini dan masih sederet hal lain. Singkirkan pemikiran dan urusan yang tidak penting dan fokuslah pada hal-hal penting saja. Siapkan agenda untuk membuat mencatata hal-hal penting dalam urusan keluarga dan usaha Anda. Lakukan perencanaan dan buat evaluasi tertulis.
  5. Ciptakan calon konsumen
    ketika Anda memulai usaha, lakukan pendekatan pada calon konsumen Anda. Bisa dengan menceritakan rencana Anda pada rekan-rekan Anda di arisan,di kala mengantar Anak Anda ke sekolah atau tetangga Anda. Jadikan mereka pelanggan pertama Anda dengan memberikan penawaran khusus untuk mereka. Puaskan mereka dan dijamin rekan dan kolega Anda ini akan sangat membantu promosi Anda nantinya.
was last modified: September 17th, 2013 by

Gallery of