4 Type Dasar Karakter Manusia

Ketika Anda memutuskan masuk dalam dunia usaha maka secara otomatis Anda akan berhubungan dengan beragam manusia. Baik itu karyawan Anda, konsumen Anda, pesaing Anda hingga supplier anda. Begitu banyak manusia di sekeliling Anda maka wajar saja bila Anda perlu mengenal karakter manusia.

4 type dasar karakter manusia

Mengenal karakter manusia akan memudahkan Anda mendekatkan diri pada mereka, mencuri hati mereka dan tentu saja menaklukan mereka. Tidak hanya itu, ternyata cara ini juga sangat efektif untuk mengenal karakter diri Anda sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri Anda serta kiat untuk mensiasatinya.

Berikut adalah 4 type dasar dari karakter manusia.

  1. Koleris
    Karakter ini memiliki sifat kepemimpinan yang dominan. Pada umumnya pandai mengatur dan menggerakan tim. Penuh semangat, gigih, mandiri, workaholic dan pantang menyerah. Tapi pada sisi lain mereka tidak sabaran, terkesan tergesa-gesa, bossy, kaku, keras kepala dan manipulatif serta sulit meminta maaf.
  2.  Sanguinis
    Sifat ini boleh saya katakan sebagai karakter yang paling enjoy. Mereka sangat suka berteman, bersenang-senang, ceria,dinamis, penuh antusias dan memang teman yang asyik. Tapi mereka akan lari bila harus bekerja dalam tekanan dan monoton.  Sangat pandai merayu, tapi lemah dengan fokus dan konsentrasi.
  3. Melankolis
    Karakter satu ini terkenal dengan sifat perfeksionis dan emosional. Mereka sangat mudah iba, terayu dan empati. Sifat mereka yang juga mencolok adalah ketelitian dan kemampuan analisanya. Mereka suka bekerja dengan terperinci dan terencana. Tapi mereka juga cenderung murung, skeptic, kritikal, terlalu berhati-hati dan kurang percaya diri.
  4. Plegmatis
    Sifat ini memiliki unsur dominan kedamaian. Mereka menghindari konflik, mudah memaafkan, seorang yang tenang, stabil, bijak dan santai. Kadang terkesan malas dan kekurangan energy, suka menunda dan asik dengan dunianya sendiri. Tapi pada sisi lain karakter ini cukup handal pada dunia penuh tekanan, penuh konflik dan monoton.

Demikian tadi 4 type dasar dari karakter manusia. Memahami 4 karakter ini akan membantu Anda mengatasi banyak orang dalam dunia kerja dan bisnis Anda. Untuk lebih detil memanfaatkan pemahaman empat karakter manusia ini, saya akan membuat 4 artikel lain sebagai lanjutan dari artikel ini.

4 Type Dasar Karakter Manusia was last modified: September 17th, 2013 by

Gallery of 4 Type Dasar Karakter Manusia