5 Aspek Utama Dalam Memulai Bisnis Baru

Satu waktu sebuah ide segar muncul di benak Anda dan Anda bersiap merealisasikannya dalam sebuah bisnis baru. Memulai bisnis baru bukan hal yang sulit, tapi juga berarti sesederhana membalikan tangan. Ada beberapa langkah dan aspek utama yang perlu Anda cermati ketika Anda memutuskan memulai bisnis baru.

5 aspek utama dalam memulai bisnis baru

Aspek utama ini bersifat sebagai sistematika langkah Anda dalam memulai bisnis baru. Mungkin tanpa melalui proses ini Anda masih bisa sukses, tapi bila ada jalur yang lebih mudah dan menghindarkan Anda dari beragam lubang dan jalan terjal berlebihan rasanya lebih baik kan?

Apa saja Aspek utama dalam memulai bisnis baru?

  1. Aspek Produk
    Anda membuka usaha, sudah pasti artinya Anda menawarkan produk, baik berupa barang atau jasa, baik produksi Anda sendiri atau retail. Pastikan produk yang akan Anda tawarkan ke pasar memiliki nilai jual dan daya pikat konsumen. Pastikan pula sumber bahan baku dan prosedur produksinya dengan seksama.
  2. Aspek Manajemen
    Semua usaha harus memiliki sistem pengelolaan, meski sederhana sekalipun. Tentu saja pengelolaan harus sesuai dengan kapasitas usaha. Karena dalam poin inilah Anda berperan dalam melakukan perencanaan, pengambilan keputusan hingga pengawasan atas semua bagian dari usaha Anda.
  3. Aspek Pasar
    Pada poin ini Anda berurusan dengan target pasar,  pola konsumsi, survey pasar dan kompetisi. Pada intinya Anda harus mengerti medan seperti apa yang akan Anda hadapi ketika Anda melempar produk Anda ke pasar. Selain itu Anda juga perlu memastikan produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda, dengan harga yang sesuai daya beli target pasar.
  4. Aspek Penjualan
    Pada poin ini, Anda harus sudah mengantongi hasil analisa pasar. Kemudian dari hasil tersebut Anda harus merancang teknik pemasaran apa yang tepat Anda jalankan untuk mendapatkan penjualan. Selain itu Anda juga perlu menentukan angka target penjualan dari produk Anda.
  5. Aspek Keuangan
    Tidak ada usaha yang mampu berjalan tanpa modal, sekecil apapun itu. Karena itulah Anda tidak bisa mengabaikan aspek satu ini. Karena meski Anda memiliki produk unggulan dengan tingkat penjualan tinggi, tapi tanpa pengelolaan keuangan usaha Anda akan tetap sulit berkembang. Anda perlu pertimbangkan sumber permodalan Anda, biaya operasonal yang efisien dan target laba bersih.

Kini Anda bisa bersiap untuk memulai bisnis baru Anda. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda dan memperlancar tahap awal dari usaha Anda. Pada kesempatan lain saya akan coba kupas tiap aspek secara lebih detil.

5 Aspek Utama Dalam Memulai Bisnis Baru was last modified: September 3rd, 2013 by

Gallery of 5 Aspek Utama Dalam Memulai Bisnis Baru