6 Manfaat Kartu Kredit Bagi Usaha

Selama ini banyak pengamat keuangan menyarankan untuk memotong kartu kredit Anda menjadi dua dan membuangnya. Alasannya karena kartu kredit adalah salah satu menyebab utama pola konsumtif di masyarakat. Tapi siapa kira ada manfaat kartu kredit yang bahkan bisa dinikmati oleh kalangan usaha.

manfaat kartu kredit

Justru sebagai pelaku usaha, manfaat kartu kredit cukup besar dan mampu membantu Anda mengelola keuangan usaha dengan lebih baik, aman dan bijak. Lalu apa saja manfaat kartu kredit tersebut?

  1. Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis
    Sebuah usaha sekecil apapun perlu memisahkan pos keuangan pribadi dan pos keuangan bisnis. Tapi kadang realisasinya tidak mudah, terutama bila pengelolaan keuangan masih dalam kendali Anda pribadi. Untuk itulah Anda bisa membiayai bisnis Anda dengan kartu kredit dan ketika tagihan datang, Anda seperti melihat laporan pengeluaran dari bisnis Anda dalam bulan tersebut, bebas dari pos-pos pengeluaran pribadi.
  2. Sebagai pengelolaan kas kecil
    Bila Anda memiliki staf keuangan, maka serahkan padanya kartu kredit sebagai ganti dari kas kecil. Biarkan staf Anda mengelola pengeluaran sesuai dengan limit dari kartu kredit yang Anda berikan. Staf Anda tidak lagi harus menunggu dana turun dari Anda ketika hendak melakukan pengeluaran sedang Anda bisa mengawasi pengeluaran dengan media laporan tagihan.
  3. Mengurangi kesalahan pencatatan
    Ketika pengeluaran sepenuhnya berbentuk cash dan cek, maka pencatatan lebih berupa catatan manual yang memiliki unsur human error lebih besar. Bila Anda menggunakan kartu kredit dan memanfaatkan tagihan sebagai pencatatan, maka unsur kesalahan bisa Anda minimalisir. Pada usaha skala kecil,  tagihan  dari kartu kredit justru bisa menjadi “staf pembukuan” Anda dan tentu saj menghemat biaya tenaga kerja.
  4. Menunda pembayaran
    Pada sistem pembayaran kartu kredit, Anda tidak akan kena bunga bila Anda melunasi pada masa grace period (masa tenggang). Masa tenggang ini pada akhir bulan dari bulan penagihan. Artinya bila pengeluaran Anda lakukan sebelum tanggal 15, maka tagihan akan keluar pada tgl 15 bulan tersebut dan Anda bisa membayar pada tanggal 30. Tapi bila Anda melakukan pengeluaran pada tanggal 17, maka tagihan akan keluar pada tanggal 15 bulan berikutnya dan Anda bisa melunasi pada tanggal 30 bulan berikutnya pula. Jadi setidaknya Anda bisa menunda pembayaran 30 – 45 hari dari transaksi.
  5. Bonus kartu kredit
    Biasanya kartu kredit memberikan beberapa bonus dan hadiah untuk nasabah dengan pemakaian yang cukup produktif. Bonus ini bisa Anda manfaatkan ketika Anda membutuhkan, misal bonus pembelian bensin atau bonus kamar hotel bisa bermanfaat ketika Anda melakukan perjalanan bisnis.
  6. Jalan Darurat pertama
    Ketika kondisi keuangan usaha Anda sedang menurun, Anda masih memiliki jalan keluar sementara untuk memutar roda usaha Anda. Anda bisa menunda pembayaran hingga adanya cash masuk, meski artinya Anda terkena bunga. Tapi setidaknya usaha Anda masih bisa bertahan sembari mengumpulkan cash kembali. Tapi ingat cara ini hanya bersifat darurat, karena pembayaran kartu kredit sebenarnya harus menjadi prioritas hutang Anda mengingat bunganya yang cukup besar.
6 Manfaat Kartu Kredit Bagi Usaha was last modified: October 20th, 2013 by

Gallery of 6 Manfaat Kartu Kredit Bagi Usaha