7 Perencanaan Keuangan Yang Bisa Anda praktekan Sendiri

Anda seorang dari kalangan menengah dan sedang memulai kesuksesan dari karier bisnis Anda. Bicara mengenai kalangan menengah, itu berarti bagi pandangan secara umum Anda sudah cukup mapan. Penghasilan lebih dari sekedar cukup dengan kondisi hasil yang stabil. Pada taraf ini Anda perlu perencanaan keuangan lanjut.

Bila sebelum ini perencanaan keuangan Anda adalah bagaimana membuat bisnis Anda berkembang dan bisa menjadi andalan Anda. Kini sebaiknya fokus Anda beralih pada bagaimana menstabilkan keuangan Anda sebagai pribadi. Karena sebenarnya ketika Anda tidak memiliki control pada keuangan pribadi Anda, maka ketergantungan Anda akan hasil dari usaha sangat tinggi.

perencanaan keuangan

Masalah dari kalangan pelaku usaha skala menengah ini adalah mereka sebelumnya harus sangat ikat pinggang demi bisa membangun bisnisnya. Ketika bisnisnya mulai berjalan dengan hasil yang stabil dan cukup mapan, maka ikat pinggang ini mereka lepaskan. Dari prive hanya 10 %, tiba-tiba berubah menjadi 60 %. Dari hidup super sederhana berubah menjadi rajin datang konser di Singapura.

Nah untuk Anda dari kalangan menengah, berikut ini adalah 7 perencanaan keuangan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga keseimbangn keuangan  Anda dan usaha Anda.

  1. Tetap jaga skala prioritas
    Penghasilan yang besar memang membius. Tapi bila Anda sebelumnya sudah memegang ketat skala prioritas maka jangan pernah Anda lepaskan lagi. Meski mungkin dengan hasil yang lebih besar Anda bisa melonggarkan ikat pinggang, tapi bukan berarti Anda tidak lagi memakai ikat pinggang kan?
  2. Hadiah kesuksesan
    bersenang-senang dari kesuksesan Anda sendiri tidak dosa kok. Tapi boros bukan juga bukan langkah yang bijaksana. Anda layak mencicipi kesuksesan Anda dan melakukan sesuatu sebagai hadiah kesuksesan Anda. Tapi anggarkan baik-baik dan jangan berlebihan
  3. Pikirkan asuransi kesehatan
    Ketika sebelumnya Anda masih menyingkirkan urusan asuransi, kini sebaiknya Anda mulai memikirkannya. Karena Anda perlu mempersiapkan kemungkinan terburuk dan ketika itu harus terjadi Anda sudah tidak harus menjual semua aset Anda, mengkebiri usaha Anda dan akhirnya menghancurkan mata pencaharian Anda.
  4. Pikirkan investasi
    Semua pelaku usaha harus terjun pada bidang ini pada akhirnya, tujuannya adalah mengelola uang yang tidak terpakai secara produktif.Dari sinilah Anda bisa memulai merencanakan masa tua Anda, pendidikan anak-anak Anda hingga masalah kebutuhan tersier Anda seperti mobil, villa, liburan ke luar negeri dan masih banyak lagi.
  5. Lakukan rencana usaha
    Meski usaha Anda sudah terbilang sukses, jangan pernah melakukan kesalahan fatal ini, “merasa puas”. Karena itu sama saja mengkebiri usaha Anda. Terus bermimpi, terus berencana dan terus berkembang. Dari sini artinya Anda juga harus terus berhemat,karena setiap pengembangan usaha sudah pasti butuh modal. Mau tidak mau Anda harus menyisihkan hasil Anda untuk modal pengembangan. Toh dari pengembangan ini Anda bisa mendapatkan hasil lebih baik.
7 Perencanaan Keuangan Yang Bisa Anda praktekan Sendiri was last modified: October 10th, 2013 by

Gallery of 7 Perencanaan Keuangan Yang Bisa Anda praktekan Sendiri

perencanaan keuangan