Aksi Pemalakan Di Bus Kota Meresahkan Penumpang

pengamen-bus-kotaSaat ini modus kejahatan semakin beragam saja. Berbagai metode kejahatan digunakan para penjahat demi mendapatkan uang. Salah satu yang paling sering terjadi adalah modus pemalakan di kendaraan umum seperti bus kota yang kebanyakan dilakukan oleh para “pengamen”.  Para “pengamen” ini memaksa penumpang untuk memberikan uang dengan menggunakan ancaman.

Selain modus mengamen ternyata masih ada beberapa modus lain yang serupa misalnya orasi, membaca puisi, membaca prosa, memberikan amplop berisi cerita tentang kehidupannya, bahkan ada juga yang tidak melakukan apa-apa lalu namun tetap meminta uang sumbangan dari penumpang secara paksa. Kasus yang paling baru preman-preman yang masuk ke bus kota kemudian melakukan aksi penyayatan bagian tubuhnya menggunakan pisau di hadapan para penumpang. Jika penumpang tidak mau memberikan uang maka mereka akan menyayatkan pisau tersebut ke tubuh penumpang.

Tentu saja kasus-kasus seperti ini sangat meresahkan para penumpang terutama penumpang wanita. Bagaimana tidak, kebanyakan “pengamen-pengamen” palsu ini memiliki badan yang besar dan bertato. Sudah pasti hal ini membuat para penumpang ketakutan.

Aksi pemalakan seperti ini sudah pasti merugikan banyak orang terutama pengguna angkutan umum. Kebanyakan penumpang lebih memilih untuk memberikan uang sesuai dengan permintaan para pengamen-pengamen palsu tersebut dibandingkan harus mendapatkan luka atau beradu mulut dengan mereka.

Sudah seharusnya pihak yang berwajib mulai turun tangan untuk memberantas aksi-aksi pemalakan seperti kasus tersebut. Sudah cukup banyak penumpang yang menjadi korban dari pemalakan berkedok pengamen seperti ini. Tidak hanya korban harta saja bahkan ada yang sampai meninggal berkaitan dengan kasus ini.

Para pihak yang berwajib perlu melakukan pemantauan di jalan raya guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti kasus tersebut. Para pengamen-pengamen palsu ini harus dibuat jera misalnya dengan ditangkap atau dijebloskan ke penjara karena dianggap sangat mengancam kenyamanan dan keamanan penumpang. Selain kenyamanan sudah pasti penumpang juga memerlukan keamanan yang pasti sehingga mereka dapat melakukan aktivitas sehari-harinya tanpa mendapatkan tekanan dan tidak dirugikan oleh orang-orang yang tidak dikenal.

 

Aksi Pemalakan Di Bus Kota Meresahkan Penumpang was last modified: May 27th, 2013 by

Gallery of Aksi Pemalakan Di Bus Kota Meresahkan Penumpang