Alasan Dinas Pendidikan Bogor Masukkan Nama Lutfi Hasan Dalam Soal Ujian SMA

luthfi-hasan-ishaaq

Kasus suap impor daging yang diduga menjerat Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) masuk ke dalam salah satu soal ujian Bahasa Indonesia yang diberikan pada siswa kelas XI SMA di Bogor. Kasus yang dimuat dalam soal tersebut membahas tentang perselisihan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan PKS saat terjadi penyitaan mobil Luthfi.

Di dalam soal ujian yang diujikan pada siswa SMA kelas XI pada Kamis 13 Juni kemarin, pada soal nomor 50 berbunyi demikian “Upaya KPK Menyita mobil mewah milik mantan presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, kemarin gagal.”

Hal ini tentu menjadi perbincangan di publik. Terkait hal ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menjelaskan kronologi masuknya soal tersebut. Adanya soal tersebut sebenarnya terjadi karena tim penyusun tidak sengaja menemukan kalimat yang tertera pada suatu media yang membahas berita tersebut.

“Guru yang sedang menyusun soal ujian tersebut sedang membaca salah satu koran dan kebetulan di koran tersebut ada berita tersebut sehingga guru memiliki inisiatif untuk memasukkan kalimat itu ke dalam soal,” jelas Rustandi, Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Bogor ketika ditemui hari ini (20/6)

Rustandi juga menjelaskan bahwa tim penyusun sebenarnya ingin menyederhanakan kalimat yang ditulis oleh redaksi tersebut “Jadi ada soal tentang SPOK (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan) dalam kalimat untuk menyederhanakan kalimat di dalam berita itu,” jelasnya.

Selain itu, guru yang menyusun soal Bahasa Indonesia tersebut juga tidak memiliki maksud sama sekali untuk mendiskreditkan partai manapun, dalam kasus ini adalah PKS.

“Soal tersebut adalah murni dari kreativitas guru dan bersifat mandiri sehingga tidak ada urusan sama sekali dengan kasus yang saat ini tengah diusut oleh KPK.”

Walaupun demikian, Rustandi juga mengatakan bahwa pihak dari Dinas Pendidikan telah mengirimkan permohonan maaf ke PKS atas kemunculan soal tersebut.

“Kami sudah minta maaf pada teman – teman PKS dan masalah ini telah kami selesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Mahfudz Siddiq, Wakil Sekjen PKS menilai kemunculan soal tersebut sangat tidak mendidik.

“Ini norak. Saya tidak mengerti. Namun secara pendidikan, kasus ini tidak mendidik karena mengambil contoh kasus yang sedang bergulir. Tidak mengerti hukum,” ucap Mahfudz.

Alasan Dinas Pendidikan Bogor Masukkan Nama Lutfi Hasan Dalam Soal Ujian SMA was last modified: June 20th, 2013 by

Gallery of Alasan Dinas Pendidikan Bogor Masukkan Nama Lutfi Hasan Dalam Soal Ujian SMA