Apa Sih Yang Dipelajari Anak Di TK

Anak Anda sudah memasuki usia sekolah pertama mereka. Usia 5 -6 tahun artinya kini mereka sudah duduk di TK. Seperti apa pelajaran di dalam TK ini? Berikut ini adalah beberapa informasi seputar hal-hal yang mereka pelajari di TK?

apa sih yang dipelajari anak di TK

Sederhananya, TK adalah singkatan dari Taman Kanak-kanak. Jadi kehidupan di TK tak ubahnya dengan dunia anak-anak yang identic dengan bermain, bersuka cita, bersenang-senang dan tentu saja berkreasi. Jadi meski ada ilmu serius, semua dihantarkan dengan cara yang menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pokok ajaran anak di TK :

  1. Memaksimalkan kemampuan berkomunikasi
    beberapa anak memiliki kemampuan yang terbatas dalam menyampaikan emosi dan pendapatnya. Dalam kurikulum TK, anak diarahkan untuk lebih optimal menyampaikan pendapat mereka, emosi mereka dan juga lebih baik dalam mengontrol amarah dan kesedihan.
  2. Berhitung sederhana
    Pada usia TK mereka sudah sampai pada tahap menerima logika angka. Jadi mereka akan berkenalan dengan angka 1 sampai 10 dan menghitung jumlah benda serta menyebutkan angkanya dengan tepat. Tapi belum sampai pada tahap perhitungan tambahan dan pengurangan tentunya.
  3. Mengenal alfabeth
    Sebagai dasar awal dalam membaca dan menulis mereka harus mengenal huruf terlebih dulu. Jadi mereka akan diperkenalkan dengan huruf alfabeth.
  4. Menulis dan membaca sederhana
    Kesalahan besar bila Anda menuntut anak Anda membaca dan menulis secara maksimal pada usia ini. Paksaan Anda justru memberi tekanan berlebihan pada mereka. Tapi, kenalkan pada mereka mengenai susunan huruf dari kata-kata sederhana seperti ibu, mama, papa, aku, dan kata sederhana lain. Mengenalkan mereka cara menyusun nama panggilan mereka juga tidak mengapa.
  5. Berkreasi dengan warna dan bentuk
    Pada usia ini mereka sudah sangat matang untuk mengenal warna dan bentuk. Lebih dari itu mereka sanggup berkreasi dengan warna dan bentuk secara optimal. Biarkan mereka menemukan tipe kreativitas mereka, siapa tau Anda menemukan bakat mereka di sini.
  6. Bernyanyi
    Menyanyi selalu identic dengan bersenang-senang. Jadi gunakan nyanyian untuk memberikan ilmu pada mereka. Seperti mengenal unsur Ketuhanan, mengenal ilmu berhitung, mengenal etika dan keindahan alam. Pada usia ini juga mereka sudah cukup siap mengenal alat music  dengan cara sederhana
  7. Menghafal
    Daya tangkap mereka dengan informasi masih sangat baik, tanpa harus menghafal sekalipun mereka sangat pandai merekam. Jadi manfaatkan ini untuk memberi mereka input hafalam bermanfaat seperti doa-doa, dasar-dasar etika dan sebagainya.
Apa Sih Yang Dipelajari Anak Di TK was last modified: October 1st, 2013 by

Gallery of Apa Sih Yang Dipelajari Anak Di TK