Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Depresi

apa yang menyebabkan seseorang mengalami depresi

Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Depresi – gelumbang.com. Depresi merupakan gangguan mental yang berpeluang untuk dialami setiap orang. Seringkali, kita merasa kebingungan dalam membedakan antara stress, depresi, dan sedih. Apalagi depresi ternyata juga masih dibagi – bagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu biological depression, unipolar depression, manic depression, dysthymia, seasonal affective disorder, dll.

Ada banyak sekali istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan depresi yang terjadi pada diri seseorang.  Depresi itu sendiri merupakan gangguan kondisi emosional yang berkepanjangan dan mempengaruhi seluruh proses mental seseorang sehingga muncul perasaan kehilangan harapan dan tidak berdaya yang disertai dengan rasa sedih, kehilangan minat, berkurangnya semangat untuk beraktivitas, dll.

Faktor Biologi

Gangguan mood merupakan salah satu penyebab utama terjadinya depresi pada seseroang. Gangguan mood ternyata juga melibatkan sistem limbiks, patologik, ganglia basalis, dan hypotalamus

Faktor Genetik

Berdasarkan data genetif, faktor yang cukup berpengaruh dalam perkembangan terjadinya gangguan mood adalah genetik.

Faktor Psikososial

Faktor ini mungkin menjadi faktor yang paling banyak diteliti oleh para ahli psikologi, Ada banyak faktor psikososial yang dapat menyebabkan terjadinya depresi salah satunya adalah stress lingkungan dan peristiwakehidupan. Peristiwa dalam kehidupan seseorang yang penuh dengan ketegangan sering menyebabkan gangguan mood. Jika hal ini terjadi berkepanjangan, maka memungkinkan seseorang mengalami depresi.

Kepribadian seseorang ternyata juga bisa berpengaruh terhadap kemungkinan untuk mengalami depresi. Walaupun semua kepribadian memiliki peluang mengalamidepresi, orang dengan tipe kepribadian seperti histerik, obsesi kompulsif, dan oral dependen memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami depresi daripada mereka yang bukan tipe tersebut.

Orang – orang yang mengalami depresi biasanya memiliki tanda – tanda atau gejala yang bisa dideteksi. Gejala – gejala tersebut diantaranya adalah suasana hati yang kosong, terus menerus merasa cemas atau sedih, merasa putus asa, kehilangan minat dalam hobi yang dimiliki, insominia, nafsu makan berkurang, selalu berpikir untuk bunuh diri, mudah tersinggung, gelisah,dll.

Gejala – gejala di atas merupakan gejala umum yang dijumpai pada seseorang yang mengalami depresi. Untuk menyembuhkan depresi ini, seseorang dianjurkan untuk menemui psikolog.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Depresi was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Depresi