Apakah Anda Seorang Shopaholic?

shopa

 

Gelumbang.com, Adakah yang merasa dirinya shopaholic? Apakah anda termasuk golongan shopaholic? Sebentar-sebentar… cobalah perhatikan beberapa tanda-tanda shopaholic yang dilansir dari cosmopolitan Indonesia berikut ini, jangan-jangan tanpa sadar anda juga seorang shopaholic loh!

Belanja Impulsif
Jika anda sering membeli suatu barang tanpa berpikir panjang atau membeli sesuatu tanpa memperhitungkan apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau hanya sekedar keinginan sesaat maka bisa jadi anda termasuk shopaholic. Hati-hati, kebiasaan ini bisa berlanjut ke taraf yang lebih tinggi yaitu belanja kompulsif. Belanja kompulsif adalah kondisi dimana anda belanja suatu barang bukan lagi karena membutuhkan atau sekedar keinginan sesaat melainkan karena faktor ketagihan, tertekan, marah atau hanya sekedar melepas rasa bosan.

Beli barang yang tak dibutuhkan
Ketika anda tidak lagi membeli suatu barang karena membutuhkannya. Bisa jadi anda sudah terinfeksi virus shopaholic. Keinginan belanja menjadi susah ditahan, alhasil dari rumah ingin membeli sepotong celana pendek, saat keluar toko ternyata anda sudah menenteng banyak tentengan yang tidak jelas apa isinya.

Melanggar perjanjian
Saat anda sudah membuat pos-pos anggaran belanja namun anda sendiri melanggar perjanjiannya, maka anda harus mulai waspada. Keinginan untuk menabung akan sulit dilakukan karena selalu tertahan oleh rasa ingin belannja yang tidak bisa ditahan.

Diam-diam
ketika anda mulai diam-diam menyembunyikan barang-barang yang anda beli karena takut kena marah orang rumah, atau anda sudah bosan bertengkar karena masalah kebiasaan belanja yang tidak ada habisnya dengan orang rumah, maka anda mungkin sudah menjadi shopaholic.

Pengembalian Barang
Ada saatnya anda merasa bersalah kemudian mengembalikan barang yang baru saja anda beli, namun sebagai gantinya anda merayakannya dengan membeli barang lain yang harganya lebih tinggi.

Memilih sendiri
kebanyakan seorang shopaholic lebih senang belanja sendirian. Bagi mereka belanja sendirian lebih menyenangkan karena tidak akan ada orang lain yang akan memberinya berbagai nasihat juga larangan ketika ingin membeli sesuatu.

Black Out!
tanda-tanda yang lain adalah ketika anda lupa telah membeli suatu barang. Saking banyaknya barang yang anda beli maka anda tidak bisa ingat satu persatu barang milik anda. Tak jarang beberapa barang anda masih terbungkus rapi beserta label harga tanpa pernah tersentuh.

Dikejar-kejar
Jika sudah parah maka anda akan terlihat seperti teroris yang selalu dikejar-kejar oleh densus 88. Entah sudah berapa banyak debt collector yang sibuk bolak-balik mencari anda, sampai anda harus gonta ganti nomer handphone untuk menghilangkan jejak.

 

Apakah Anda Seorang Shopaholic? was last modified: August 30th, 2013 by

Gallery of Apakah Anda Seorang Shopaholic?