Australia Ajak Indonesia Untuk Bangun Kurikulum Bersama

aiyy

Salah satu hal penting untuk mengembangkan pendidikan tinggi adalah kerja sama antar institusi pendidikan. Hal inilah yang mendasari kunjungan State Government Victoria Australia datang ke Indonesia. Mereka datang jauh – jauh dari Australia ke Indonesia untuk bertemu dengan Menristek (Menteri Riset dan Teknologi) Indonesia dan pimpinan perguruan tinggi dalam rangka membicarakan kemungkinan – kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan antara Indonesia – Australia. Sedangkan kerjasama antara Indonesia dan Australia di bidang pendidikan sebenarnya sudah terjalin cukup lama dan sejauh ini baik – baik saja.

“Australia sudah lama bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan hubungannya sudah bagus sampai saat ini. Bahkan sudah ada yang jadi dosen di Australia,” ucap salah satu perwakilan State Government Victoria Australia pada wartawan saat ditemui dalam acara Symposium State Government Victoria Australia di Jakarta hari ini (19/6).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., rektor dari UII (Universitas Islam Indonesia). Beliau mengatakan bahwa kerjasama antara kedua negara di bidang pendidikan sudah terjalin sejak lama. Saat ini, UII juga telah bekerjasama dengan 200 PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di seluruh Indonesia dalam asosiasi perguruan tinggi swasta, termasuk Uhamka, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Muhammadiyah Malang, dll.

Kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Australia tidak hanya bisa memberikan keuntungan di bidang akademik bagi kedua negara saja, tetapi juga memberikan manfaat dalam pengenalan terhadap kebudayaa masing – masing.

“Dalam kunjungan internasional dari perguruan tinggi Indonesia ke Australia, Indonesia juga akan bekerjasama untuk membangun kurikulum bersama, research bagaimana caranya Universitas yang memiliki latar belakang teknik serta apa yang ingin dikembangkan dari adanya kerjasama ini. Nantinya antar universitas diharapkan saling bekerjsama dan bisa saling menguntungkan di bidang akademik sehingga kedua negara pun bisa maju,” ucap Edy.

Edy juga berharap agar kerjasama penelitian untuk ke depannya sebaiknya tidak semata – mata hanya berguna untuk akademis saja, namun juga dapat bermanfaat untuk non akademis yakni masyarakat luas.

Australia Ajak Indonesia Untuk Bangun Kurikulum Bersama was last modified: June 19th, 2013 by

Gallery of Australia Ajak Indonesia Untuk Bangun Kurikulum Bersama