Awas, Ngaku-Ngaku Siswa Miskin Bisa Kena Pidana

Awas, Ngaku-Ngaku Siswa Miskin Bisa Kena Pidana

Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tidak lama lagi akan segera digelar di setiap sekolah. Pemerintah Kota Depok telah berjanji untuk memberikan kuota bagi siswa tidak mampu sebanyak 20 persen untuk setiap sekolah negeri dan sebesar lima persen untuk sekolah swasta.

Muttaqien, Ketua Komisi D DPRD Depok menjelaskan bahwa berdasarkan hasil studi banding yang dilakukan di Surabaya, siswa yang masuk kategori miskin memang masih harus dipertimbangkan oleh Pemerintah Depok. Namun, siswa yang tidak mampu masih dapat menggunakan Jamkesa (Jaminan Kesehatan Daerah) dan nama mereka harus terdaftar sesuai dengan data PPLS (Pendapatan Program Perlindungan Sosial) di kelurahan tempat tinggal mereka.

Maka, siswa-siswi yang tidak tidak mampu dan punya Jamkesda atau namanya masuk dalam PPLS, mereka boleh mendapatkan kuota untuk diterima dan diberikan keringanan. Namun penerimaan siswa tidak mampu ini harus sesuai dengan kuota sehingga tidak semua siswa miskin akan diterima.

Muttaqien juga menegaskan jika calon siswa tidak mampu tersebut tidak memenuhi kedua persyaratan yang disebutkan di atas, mereka masih dapat menggunakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Namun tidak semudah itu, pihak sekolah harus melakukan survei terlebih dahulu ke rumah calon siswa yang tidak mampu tersebut untuk memastikan kondisi keluarganya apakah memang benar – benar tidak mampu atau hanya pura – pura tidak mampu agar mendapatkan keringanan.

Pemerintah kota Depok akan mencoba menerapkan cara survei karena di Surabaya sudah menerapkan cara survei langsung seperti ini karena dalam kenyataannya banyak orangtua/wali murid yang mengaku bahwa mereka adalah orang tidak mampu, padahal saat di survei di rumahnya, ternyata rumahnya bagus dan punya mobil. Oleh sebab itu, Pemerintah Depok akan mencoba menerapkan cara ini.

Jika di lapangan nantinya ditemukan kasus serupa atau kasus ‘ngaku – ngaku miskin’ dari orangtua siswa, maka mereka bisa dipidanakan. Mereka punya dua pilihan yaitu mencabut berkasnya atau kasusnya akan dibawa ke pihak berwajib sehingga pemerintah tidak langsung ambil keputusan untuk menangani kecurangan ini.

Awas, Ngaku-Ngaku Siswa Miskin Bisa Kena Pidana was last modified: June 10th, 2013 by

Gallery of Awas, Ngaku-Ngaku Siswa Miskin Bisa Kena Pidana