Bagaimana Pelajaran Kelas 6 SD Yang Anak Anda Terima?

Menjadi orang tua dari seorang siswa kelas 6 SD bukan perkara sederhana. Tanggung jawab Anda cukup besar karena pada usia ini mereka akan berhadapan dengan Ujian kelulusan yang sangat penting. Setidaknya bagi banyak kalangan kelulusan adalah standar keberhasilan seorang anak.

Bagaimana Pelajaran Kelas 6 SD Yang Anak Anda Terima

Karenanya kali ini saya membahas pelajaran kelas 6 SD sebagai bagian rangkaian artikel mengenai pelajaran siswa SD. Dengan memahami apa yang mereka terima dalam kelas, memberi Anda gambaran pula bagaiman acara tepat mendampingi anak.

Tuntutan yang paling besar adalah karena pada usia ini mereka harus mereview pelajaran mereka sejak kelas 4 SD. Sementara rata-rata pada usia mereka, mereka masih kesulitan membangun rasa tanggung jawab seutuhnya.

Jangan paksa anak dengan beragam ancaman supaya mereka mau belajar, karena bisa jadi mereka hanya pura-pura belajar. Komunikasikan pada mereka pentingnya mereka belajar dan memberi fokus lebih pada ujian mereka. Ciptakan kesadaran dan mereka akan melakukannya dengan sukarela.

Nah sebagai panduan, berikut ini beberapa poin penting dalam pelajaran kelas 6 SD.

  1. Menulis essay, cerita pendek dan ringkasan cerita bukan lagi permasalahan bagi siswa kelas 6 SD. Jadi bila anak Anda masih belum mampu pada beberapa poin ini berikan bimbingan lebih. Karena pada tahap ini mereka diminta untuk melihat sebuah cerita dari sudut pandang berbeda, konsep penulisan baku dan sebagainya. Ini akan menjadi dasar mereka dalam membuat penulisan ilmiah ke depannya
  2. Hafalan adalah sesuatu yang bisa menjadi sangat menyenangkan atau justru menjadi momok, tergantung karakter belajar anak. Tapi kenyataannya pada kelas 6 SD, tuntutan mereka untuk menghafal semakin besar. Untuk tips beri mereka gambaran visual dan ilustrasi akan hafalan mereka sehingga memudahkan mereka mengingat.
  3. Dalam pelajaran kelas 6 SD mereka juga mulai mengenal sistem persamaan, derajat sudut dan probabilitas. Sebuah konsep matematikan yang rumit dan perlu lebih banyak pemahaman logika. Lagi-lagi berikan mereka ilustrasi untuk bisa mendapatkan logika dari teori dan rumus.
  4. Mengawasi secara terus menerus pelajaran mereka kadang terkesan tidak memberi mereka ruang untuk mandiri, jadi justru lebih baik bila Anda membangun kesadaran mereka akan pentingnya belajar. Tapi bukan berarti Anda melepaskan mereka dari pengawasan Anda.
Bagaimana Pelajaran Kelas 6 SD Yang Anak Anda Terima? was last modified: October 7th, 2013 by

Gallery of Bagaimana Pelajaran Kelas 6 SD Yang Anak Anda Terima?