Bahagia Adalah Sebuah Pilihan

happySetiap orang pasti memiliki keinginan untuk hidup bahagia. Lalu hidup yang bagaimana yang bisa disebut bahagia? Menurut wikipedia Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan.

Tapi, menurut saya bahagia adalah suatu keadaan dimana kita mampu menerima serta mensyukuri segala hal yang sudah ada dalam hidup kita. Jika kata pepatah rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri, sebenarnya asalkan kita mampu menerima serta mensyukuri segala hal yang telah kita miliki maka perasaan seperti itu tidak akan muncul mengganggu.

Berhentilah mengeluh dan menggerutu apalagi iri dengan kebahagiaan orang lain karena setiap orang memiliki kebahagiaannya sendiri-sendiri. Mengeluh, menggerutu apalagi iri hanya akan membuat hati kita kotor. Iklas merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan.

Bahagia adalah ketika kita mampu menerima diri kita apa adanya serta menyadari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.  Bukankah setiap orang diciptakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing? Tidak perlulah kita mengkritik diri sendiri dengan segala kelemahannya hidung tidak mancunglah, kulit tidak putihlah, badan tidak ramping dan lain sebagainya. Alangkah baiknya kita menerima segala hal yang ada pada diri kita.

Hidung tidak mancung bukan berarti kita tidak sempurna loh, tapi Tuhan memang sengaja menciptakan seperti itu karena memang yang seperti itulah proporsi paling baik dimata Tuhan. Kulit tidak putih jadi masalah? Kenapa harus menjadi masalah? kulit orang Indonesia yang sebagian besar berwarna sawo matang sudahlah paling tepat dengan kondisi Indonesia yang memiliki iklim tropis, kulit berwarna sawo matang juga menurunkan kemungkinan terserang kanker kulit. Lalu bagaimana dengan tubuh tidak ramping? Dari pada mati-matian diet ketat dan menahan-nahan diri untuk tidak makan untuk mendapatkan tubuh ramping ideal alangkah baiknya jika kita menerima keadaan tubuh kita asalkan sehat daripada diet mati-matian berujung pada rasa sakit bahkan kematian?

Sebenarnya bahagia itu mudah terkadang manusialah yang membuat semuanya menjadi sulit. Bahagia adalah sebuah pilihan. lalu Apakah anda sudah memilih untuk bahagia?

 

Bahagia Adalah Sebuah Pilihan was last modified: June 30th, 2013 by

Gallery of Bahagia Adalah Sebuah Pilihan