Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja

Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja– Ada yang mengatakan gemuk itu cantik. Meskipun gemuk, saya tetap sehat. Gemuk itu seperti bos, orang kaya, dan orang makmur. Itulah beberapa gelintir mengenai mitos tentang gemuk. Sebenarnya, banyak sekali mitos dan provokasi negatif yang membuat kita terlena sehingga segan untuk berusaha menurunkan berat badan walaupun kita gemuk.

Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja

Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja


Kegemukan tak hanya terkait dengan masalah penampilan tapi juga berkaitan erat dengan masalah kesehatan manusia.Anda harus paham bahwa mengurangi berat badan bukan hanya masalah memperbaiki penampilan yang baik, tapi juga tentang bagaimana anda merasa lebih baik dengan menjadi lebih sehat, nyaman dengan lingkungan anda dan lebih produktif. Di atas semuanya, ini tentang menghindari resiko gangguan kesehatan yang mengerikan ketika anda gemuk. Telah banyak penelitian yang menunjukkan jika anda gemuk, maka anda akan lebih memungkinkan mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, beberapa jenis kanker, dan penyakit kandung empedu. Kegemukan dapat mengakibatkan gangguan pernafasan sehingga pernafasan terganggu saat tidur.

Kegemukan lebih cenderung berefek tekanan darah tinggi, salah satu faktor utama untuk penyakit jantung dan stroke, dibanding orang yang tidak kelebihan berat badan. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung dan sering dikaitkan dengan kegemukan. Kelebihan berat badan atau gemuk juga berkontribusi terhadap nyeri dada dan kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Kabar baiknya, kehilangan sejumlah berat badan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Sejumlah penyakit kanker memiliki hubungan erat dengan kegemukan. Seperti pada wanita yang gemuk kemungkinan besar bisa terkena kanker rahim, payudara, kanker empedu, leher rahim dan usus besar. Adapun pria yang gemuk beresiko terkena kanker rectum, kolon dan kanker prostat. Untuk beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kolon keduanya sangat berkaitan dengan kegemukan.

Selain itu, kegemukan lebih meningkatkan resiko terkena osteoarthritis yakni gangguan sendi umum seperti sendi di lutut, pinggul dan punggung bawah. Kegemukan rupanya dapat meningkatkan resiko osteoarthritis yang berpotensi mengikis tulang rawan yang biasanya melindungi sendi. Beberapa penyakit lain yang berkaitan dengan kegemukan diantaranya encok dan penyakit kandung empedu.

Kegemukan lebih beresiko terhadap diabetes yakni penurunan kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah. Diabetes adalah penyakit paling umum di dunia barat dan merupakan penyebab kematian usia dini selain penyakit jantung, ginjal, dan penyakit stroke. Secara statistik penelitian terlihat bahwa orang yang gemuk mempunyai resiko dua kali lipat menderita diabetes mellitus daripada orang yang tidak gemuk.

Gemuk lebih beresiko terkena sleep apnea yang dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas dalam waktu singkat selama tidur dan mendengkur berat. Risiko apnea meningkat seiring dengan meningkatnya kegemukan. Sekali lagi, penurunan berat badan akan membalikkan resiko ini. Gemuk berisiko terhadap kesehatan anda. Jadi bagaimana dengan anda???

Baca juga : Tips jitu menghilangkan rasa malas

Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja was last modified: February 1st, 2015 by

Gallery of Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja

Bahaya Gemuk Bagi Kesehatan Remaja