BBM Bersubsidi Resmi Naik

bbm bersubsidiSidang paripurna tadi malam telah mengesahkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBNP) Tahun Anggaran 2013 untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Ini berarti harga BBM bersubsidi resmi naik. Keputusan ini resmi diambil melalui voting dari seluruh anggota fraksi termasuk empat fraksi yang menolak keras kebijakan tersebut.

Ini berarti pemerintah sudah mempunyai kuasa untuk menaikan harga BBM bersubsidi beserta kompensasinya. Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat memperkirakan, pengumuman BBM akan dilakukan dalam tiga hari sejak pengesahan APBNP 2013 tadi malam.

Pengesahan APBNP 2013 ini diikuti dengan pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kepada 15 juta masyarakat miskin di Indonesia. Hidayat juga menambahkan bahwa pemerintah tidak hanya memberikan BLSM namun juga menyokong dari segi pendidikan masyarakat.

Kemungkinan besar kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan diikuti oleh kenaikan barang-barang seperti kebutuhan pokok dan ongkos angkutan yang akan ikut melonjak. Pemerintah mengantisipasinya dengan pemberian BLSM berupa uang tunai sebesar Rp150.000 per bulan yang akan diberikan per empat bulan  agar para rakyat miskin yang ikut merasa terbebani oleh kenaikan harga BBM bersubsidi akan mendapat sedikit keringanan walaupun hanya bersifat sementara.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya bahwa kenaikan BBM bersubsidi ini berkisar Rp2.000 untuk jenis premium atau seharga Rp6.500/liter, sedangkan untuk BBM jenis solar kenaikannya berkisar Rp1.000 atau seharga Rp5.500/liter. Hidayat juga berharap dengan pemberlakuan kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan membuat para pengguna alat transportasi untuk tidak hanya membeli Premium saja namun juga membeli bahan bakar seperti Pertamax terutama untuk kendaraan-kendaraan yang mewah.

Hingga saat ini keputusan tanggal kenaikan harga BBM bersubsidi masih belum ditetapkan, tapi pemerintah menegaskan akan segera menaikan harga BBM bersubsidi pada minggu-minggu ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari ekspektasi inflasi yang terjadi jika kebijakan tersebut tidak segera dilaksanakan.

 

BBM Bersubsidi Resmi Naik was last modified: June 18th, 2013 by

Gallery of BBM Bersubsidi Resmi Naik