Belajar Bahasa Asing Melalui Musik

musikMenguasai bahasa asing bisa menjadi kualifikasi lebih ketika anda berencana untuk melamar pekerjaan. Di Indonesia sendiri menguasai kemampuan berbahasa asing akan menambah nilai plus seseorang dalam pergaulan. Namun, untuk dapat menguasai sebuah bahasa ternyata memang tak semudah membalikan telapak tangan, butuh proses belajar yang tepat.

Tapi, taukah anda belajar bahasa asing bisa dilakukan melalui media Musik loh. Sebuah studi menemukan bahwa bernyanyi dalam bahasa asing dapat membantu seseorang untuk mempelajari bahasa asing terutama mengucapkan kata-kata asing tersebut.

Dilansir dari Counsel Heal, Sabtu (20/7/2013), Peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mendengarkan lagu frase hungaria dan menyanyikannya kembali ternyata memiliki pengucapan yang lebih baik dibandingkan mereka yang belajar bicara frase secara khusus.

Peneliti dari University of Edinburgh’s Schook of Music mengadakan sebuah penelitian dengan melibatkan tiga kelompok secara acak dari dua puluh orang dewasa. Mereka diminta untuk melakukan lima test dan hasilnya group nyanyi berhasil menyelesaikan empat dari lima test dengan sangat baik.

“Studi ini menunjukkan bukti percobaan pertama bahwa metode dengar-dan-ulangi bernyanyi dapat mendukung pembelajaran bahasa asing, dan membuka pintu penelitian masa depan untuk wilayah ini. Satu pertanyaannya adalah apakah melodi dapat memberikan isyarat tambahan untuk ingatan seseorang, membantu mereka mengingat kembali bahasa asing dan frasenya lebih mudah,” papar pimpinan penelitian Dr Karen M. Ludke.

Jika penelitian tersebut lebih fokus kepada pembelajaran bahasa hungaria, sebenarnya penelitian ini juga bisa merujuk kepada pembelajaran bahasa asing lainnya. Salah satunya pembelajaran bahasa Inggris.

Seperti yang sebelumnya dipaparkan oleh Dr Karen M. Ludke jika metode dengar dan ulangi saat bernyanyi terbukti dapat mendukung pembelajaran bahasa asing. Jika ini diterapkan kepada mereka yang serius ingin mempelajari bahasa asing, seperti bahasa Inggris, maka metode ini sangat tepat digunakan bagi mereka yang ingin belajar secara mandiri.

Dengan membiasakan mendengar bahasa asing yang ingin dipelajari dalam hal ini melalui musik, maka otomatis otak kita akan merekam kosakata-kosakata baru yang akan memperbanyak perbendaharaan kata yang kita miliki.

Sementara itu, mengulangi lagu yang telah didengarkan juga akan membantu untuk melatih serta membiasakan untuk melafalkan kata-kata dalam bahasa asing. Hal ini akan sangat membantu ketika seseorang akan mulai berbicara menggunakan bahasa tersebut.

 

 

Belajar Bahasa Asing Melalui Musik was last modified: July 20th, 2013 by

Gallery of Belajar Bahasa Asing Melalui Musik