Belajar Sains Bisa Mengasyikan

Belajar Sains Bisa Mengasyikan

Pengajaran Sains atau IPA tidak harus selalu menakutkan dan menegangkan bagi siswa. Dalam hal ini kreativitas guru sangat berperan penting karena kreativitas guru itulah yang nantinya dapat membuat pembelajaran sains menjadi lebih menarik bagi siswa dan menumbuhkan rasa ingin tahu dari dalam diri siswa. Selain itu, pembelajaran sains yang menyenangkan juga dapat membantu mengembangkan kreativitas siswa.

Menurut Widyandari Eka, Guru Fisika di SMA N 89 Jakarta di sela – sela kolokium ‘Building the Scientif Minds’ yang dilaksanakan di Observatorium Bosccha hari Senin kemarin(27/5) mengatakan bahwa beban kurikulum seharus tidak menjadi halangan bagi guru. Pada kenyataannya, saat ini masih banyak guru sains, terutama guru – guru di sekolah negeri yang masih kurang mampu mengembangkan kreativitasnya karena lebih fokus pada target kurikulum.

Pada kolokium hari pertama, beberapa peragaan sains ditunjukkan oleh para komunikator sains dan beberapa guru dari sejumlah negara pada guru dan siswa Indonesia. Beberapa peragaan tersebut diantaranya adalah peragaan membuat roket air yang disampaikan oleh Aldino A Baskoro (Indonesia), penggunaan barang bekas untuk pembelajaran sains yang diberikan oleh Vidula Mhaiskar (India), dan peragaan tentang bagaimana memahami tentang struktur matahari yang disampaikan oleh Deirdre Kelleghan Irlandia.

Kolokium yang berlangsung di Bosscha, Lembang, Jawa Barat tersebut berlangsung hingga Jumat besok (31/5).  Sebenarnya, acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Budaya Bernalar 2013 yang dirancang oleh beberapa dosen ITB yang merasa prihatin dengan kemampuan menalar masyarakat. Oleh sebab itu, ini menjadi salah satu cara untuk memperbaikinya,

Menurut Premana W Premadi, Ketua Panitia Bulan Berdaya Nalar mengatakan bahwa kolokium diharapkan dapat menginspirasi para guru agar selalu mengembangkan kreativitasnya dalam pembelajaran sais. Peragaan sais bagi siswa diharapkan dapat menumbuhkan minat dan rasa senang terhadap sains.

Saat ini pembelajaran sains yang dilakukan di sekolah nampaknya masih belum menggali kreativitas siswa karena sains dipandang sebagai sesuatu yang mutlak atau pasti. Penyelesaian terhadap berbagai persoalan sains dianggap hanya itu-itu saja sehingga siswa tidak berusaha untuk memunculkan gagasan mereka sendiri. Oleh sebab itu, hal ini perlu diubah supaya bangsa ini tidak terjebak dalam berbagai masalah karena rendahnya kemampuan menalar.

Belajar Sains Bisa Mengasyikan was last modified: May 29th, 2013 by

Gallery of Belajar Sains Bisa Mengasyikan