Belajar Tertib Berlalu Lintas Dengan Aplikasi HP

mainanbocah-peraga-rambu-lalu-lintas

Perkembangan teknologi pada ponsel di kalangan para pelajar ibarat dua sisi mata uang berbeda. Di satu sisi, teknologi tersebut bias menjadi tantangan, namun di sisi lain justru bisa menjadi peluang. Salah satu peluang yang berhasil dimanfaatkan adalah pengembangan media pembelajaran berbasis mobile application atau aplikasi berbasis telepon genggam. Adanya media pembelajaran ini diharapkan siswa bisa belajar secara mandiri.

Mengetahui peluang tersebut tiga orang mahasiswa dari UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yakni Yusron Mubarok, Fajar Mubarok, dan Venti Indriyani menghadirkan inovasi baru dengan pengembangan media pembelajaran lalu lintas.

Latar belakang dibuatnya aplikasi ini menurut Venti adalah maraknya kasus pelanggaran lalu lintas saat ini. Menurut Venti, pelanggaran lalu lintas adalah kasus yang paling kerap terjadi setiap hari di seluruh Indonesia. Apalagi, mayoritas pelaku pelanggaran lalu lintas merupakan para pelajar. Tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran tersebut disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan tingkat kedisiplinan pelajar dalam berlalu lintas.

“Buklet Media Pembelajara Lalu Lintas (Bululi) berbasis mobile application ini dibuat untuk meningkatkan pengetauan pelajar dalam berlalu lintas karena buklet ini memberikan informasi secara detail dan banyak digunakan untuk media alternatif yang dapat digunakan setiap saat.

Yusron menyebutkan bahwa rancangan media pembelajaran tersebut meliputi perancangan skenario, fungsi, dan storyboard media pembelajaran berbasis mobile application. Beberapa fungsi yang terwujud dari pembuatan media pembelajaran tersebut mencakup fungsi intro, materi, pilihan menu, bantuan, dan profil.

Intro berisi tentang informasi pengenalan media pembelajaran yang akan muncul secara otomatis ketiak aplikasi dibuka. Kemudian pengguna akan langsung dibawa ke halaman menu. Halaman menu berisi menu-menu utama di antaranya adalah game, artikel, dan profil.

Selain terdapat menu-menu utama, di halaman menu juga terdapat tombol navigasi. Halaman berikutnya berisi tentang materi inti seperti Rambu Peringatan, Rambu Lalu Lintas, Rambu Perintah, Rambu Larangan, Rambu Tambahan, dan Rambu Petunjuk.

Media pembelajaran tersebut nantinya akan dikembangkan lagi dengan melakukan penelitian tentang pengembangan media. Untuk karya selanjutnya, mereka akan menggunakan sistem operasi berbasis mobile application Android. Inovasi mahasiswa UNY ini berhasil mendapatkan juara dalam ajang Lomba Karya Tulis Nasional Exist Fair 2013 yang diadakan oleh Universitas Jambi bulan Mei lalu.

Belajar Tertib Berlalu Lintas Dengan Aplikasi HP was last modified: June 19th, 2013 by

Gallery of Belajar Tertib Berlalu Lintas Dengan Aplikasi HP