Benarkah Lagu Sedih Membuat Orang Bertambah Sedih?

musikSebagian besar orang beranggapan bahwa mendengarkan lagu-lagu mellow dengan lirik yang menyayat hati saat sedang galau akan semakin menambah tingkat kegalauan orang yang mendengarkan.

Ternyata sebuah fakta lain menunjukan hal yang sebaliknya, sebuah penelitian terbaru dijepang membuktikan bahwa mendengarkan lagu balad sedih bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Dilansir dari dailymail, peneliti dari Tokyo University menyatakan bahwa musik sedih bisa membuat seseorang mengingat momen-momen romantis yang dilaluinya dan perasaan ketika mengingat momen-momen tersebut yang nantinya akan membuat orang tersebut menjadi lebih bahagia dan tidak lagi terpuruk.

Penelitian tersebut dipimpin oleh Ai Kawakami dibantu oleh beberapa koleganya. Penelitian ini juga diikuti oleh 44 orang yang merupakan musisi dan non musisi. Dalam penelitian tersebut responden diminta untuk mendengarkan lagu yang dianggap sedih dan bahagia, kemudian mereka akan diminta untuk memberikan ukuran penilaian kepada lagu tersebut sesuai dengan tingkat emosional masing-masing.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa musik dengan irama sedih justru menghasilkan emosi yang sebaliknya karena responden beranggapan bahwa musik sedih yang mereka dengarkan lebih tragis dibandingkan dengan kesedihan yang sedang mereka alami.

“Secara umum, musik sedih menyebabkan kesedihan pada pendengarnya dan kesedihan ini dianggap sebagai emosi yang tidak menyenangkan, namun ini juga menimbulkan emosi romantis. ” ujar Kawakami.

Lagu berirama sedih ini memiliki kekuatan tersendiri untuk menghibur serta mengalihkan pendengarnya dari kesedihan yang sedang dialaminya.

“Ketika kita mengalami emosi yang tidak menyenangkan ini karena sesuatu, musik sedih bisa membantu mengalihkan perasaan negatif.” tambahnya.

Para peneliti juga mengatakan bahwa mendengarkan musik upbeat sebenarnya juga bisa meningkatkan mood seseorang, hanya saja hal ini hanya berguna bagi mereka yang memang menyadari bahwa mereka akan bahagia jika mendengarkan lagu tersebut. Berbeda dengan musik berirama sedih yang akan mengobati kesedihan seseorang dengan cara yang berbeda.

Benarkah Lagu Sedih Membuat Orang Bertambah Sedih? was last modified: July 31st, 2013 by

Gallery of Benarkah Lagu Sedih Membuat Orang Bertambah Sedih?