Benarkah tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah?

tiduurBenarkah tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah? Kita pasti sudah sering sekali mendengar dari beberapa orang atau bahkan dari ustad-ustad yang mengatakan bahwa tidurnya orang yang sedang berpuasa adalah ibadah, bahkan sebagian lagi menyatakan bahwa ini adalah sabda Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu benarkah tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah?

Kali ini kita tidak akan membahas mengenai kebenaran hadist tersebut tetapi hanya akan mengupas lebih dalam menurut sudut pandang logikanya. Kembali kepada pernyataan mengenai tidurnya orang yang berpuasa adalah Ibadah, pernyataan tersebut tanpa sadar membuat banyak orang termotivasi untuk bermalas-malasaan saat menjalankan ibadah puasa bahkan tak sedikit yang mejadikan pernyataan tersebut sebagai acuan untuk memperbanyak tidurnya dibanding melakukan aktivitas-aktivitas selama berpuasa.

Tentu saja hal ini merupakan sebuah kesalahan, bagaimana bisa menjadi ibadah jika kita menjadi lebih senang tidur dibandingkan melakukan amalan-amalan atau aktivitas-aktivitas yang lebih bermanfaat saat berpuasa. Sedangkan Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ““Segala amal kebajikan anak Adam itu dilipat-gandakan pahalanya kepada sepuluh hinggalah ke 700 kali ganda. Allah berfirman “Kecuali Berpuasa,sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku memberikan balasan kepadanya kerana dia telah meninggalkan syahwat dan makan minumnya kerana Aku.” (Hadist riwayat Muslim)

Jika mengacu kepada hadist diatas maka pahala yang Allah SWT janjikan kepada orang-orang yang berpuasa sangatlah besar. Apabila melakukan suatu amalan baik maka Allah SWT akan melipat gandakan pahalanya hingga tujuh ratus kali lipat.

Bayangkan, betapa ruginya jika selama berpuasa yang kita lakukan hanyalah tidur. Saat orang lain berlomba-lomba melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya demi mengejar ganjaran pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT, kita hanya bermalas-malasan diatas tempat tidur tanpa melakukan satu kebaikan pun dengan alasan sedang berpuasa dan tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah.

Sungguh sebuah kerugian jika kita menyiakan setiap detik yang ada dalam Ramadhan karena pada bulan ini Allah SWT tidak hanya memberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda tetapi juga memberikan pengampunan serta pembebasan dari api neraka. Maka manfaatkanlah Ramadhanmu sebaik mungkin. Kejarlah kebaikan sebanyak-banyaknya demi mendapatkan Ridho Allah SWT.

 

 

 

Benarkah tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah? was last modified: July 9th, 2013 by

Gallery of Benarkah tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah?