Berikut Prosedur Memasukan produk UKM Dalam Supermarket

Membuka pintu selebar dan sebanyak mungkin dalam menjual adalah cara paling jitu dalam memaksimalkan penjualan. Bila produk Anda bisa ditemukan di banyak tempat, terutama di pusat-pusat perbelanjaan, maka produk Anda akan semakin cepat laku. Salah satunya bisa denga  memasukan produk UKM Anda dalam supermarket.

prosedur memasukan produk UKM dalam supermarket

Mereka yang datang ke supermarket sudah pasti adalah mereka yang siap untuk belanja. Inilah potensi yang bisa Anda jajaki dengan optimal. Produk UKM pada umumnya tidak dikenal, tapi bukan berarti tidak dicari. Kadang justru produk Anda ini sudah lama mereka cari, tapi karena termasuk produk tradisional jadi jarang mereka dapatkan di supermarket.

Jangan heran bila beberapa pelaku usaha UKM mengaku bisa meningkatkan omset hingga 40 %. Tapi bagaimana caranya memasukan produk UKM Anda dalam supermarket?

  1. Pastikan Anda sudah memiliki Surat Ijin Usaha dan sertifikat Halal dari MUI. Karena pada umumnya beberapa berkas ini menjadi syarat dari supermarket
  2. Pastikan Anda membuat kemasan yang layak dengan pasar di supermarket. Kemasan tidak harus mahal, tapi menarik dimata, tidak mudah rusak, higienis dan mampu menjaga kualitas produk di dalam kemasan.
  3. Cari tau syarat-syarat dan peraturan lain yang diterapkan supermarket. Bila ada beberapa pilihan, cari supermarket yang UKM friendly alias tidak menetapka banyak syarat dan aturan berlebihan dan memberatkan. Cari tau pula dana administrasi yang harus Anda bayarkan.
  4. Pastikan Anda mendaftarkan produk Anda pada supermarket dengan pasar yang sesuai dengan produk Anda. Atau justru Anda perlu melakukan adaptasi atas produk dan kemasan agar cocok dengan pasar dari supermarket bersangkutan.
  5. Biasanya pihak supermarket akan meminta sampel produk pada saat penilaian sebelum memutuskan apakah produk Anda cocok tersedia dalam supermarket.
  6. Bila produk Anda lolos seleksi, Anda akan menandatangani kontrak dan melakukan pembayaran administrasi. Pastikan Anda memahami dan menerima keseluruhan isi kontrak dengan detail. Jangan sampai ada satu poin saja yang Anda bingung karena bisa merupakan poin penting di kemudian hari.
Berikut Prosedur Memasukan produk UKM Dalam Supermarket was last modified: September 11th, 2013 by

Gallery of Berikut Prosedur Memasukan produk UKM Dalam Supermarket