Berjalan kaki Sebagai Sarana Olahraga Alternatif

jalan kakiAktivitas yang padat tak jarang membuat seseorang lupa untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Terkadang seseorang tidak memiliki waktu yang cukup serta rasa malas yang tinggi untuk berolahraga karena disibukkan dengan berbagai aktivitas tersebut. Hasilnya? Tubuh terasa cepat lemas dan tidak bertenaga, daya tahan tubuh melemah, sendi-sendi pun mulai terasa kaku, belum lagi ancaman dari berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang sewaktu-waktu.

Padahal olahraga merupakan suatu aktivitas wajib yang seharusnya rutin dilakukan untuk menunjang kesehatan serta kebugaran tubuh. Orang yang rajin berolahraga tentu saja akan memiliki kondisi fisik yang berbeda dengan mereka yang malas menggerakan tubuh. Kebiasaan untuk mengolahragakan tubuh secara rutin dapat membantu membuat tubuh seseorang menjadi lebih bugar dan prima.

Jika memiliki waktu luang dan uang berlebih bisa mencoba untuk mengikuti kelas fitness atau yoga. Bagi anda yang memiliki kocek terbatas bisa mencoba untuk melakukan olahraga simple yang mudah dilakukan dirumah seperti skipping, sit up, push up dll. Atau bagi anda yang memiliki kesibukan tingkat tinggi dan jadwal yang padat sehingga tidak bisa melakukan berbagai jenis olahraga maka berjalan kaki merupakan sarana alternatif terbaik dalam berolahraga.

Terkadang olahraga yang satu ini masih seringkali dipandang remeh oleh banyak orang, padahal berjalan kaki merupakan salah satu alternatif olahraga yang murah dan tidak merepotkan. Sementara itu, masih banyak saja orang-orang yang menganggap remeh dan memandang sebelah mata kepada mereka yang berangkat ke sekolah atau kantor dengan berjalan kaki tanpa tahu segudang manfaat sesungguhnya dari olahraga berjalan kaki bagi kesehatan. Kali ini gelumbang.com akan berbagai beberapa manfaat dari olahraga berjalan kaki ini.

Para penelit menjelaskan bahwa manfaat dari berjalan kaki tidak hanya untuk membakar lemak dan menjaga kestabilan berat badan tapi juga dapat membantu mencegah kanker payudara dan diabetes. Berjalan kaki juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit akibat merokok, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Manfaat lain, berjalan kaki juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan membangun stamina tubuh. Berjalan kaki baik bagi tubuh karena dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah serta memperlancar peredaran darah, sehingga meringankan kerja jantung.

Selain itu berjalan kaki juga memberikan efek yang baik terhadap kesehatan dan kekuatan tulang. Dengan berjalan kaki minimal 30 menit per hari dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan resiko osteoporosis. Bahkan, berjalan kaki dapat melatih pinggul, paha, serta betis bersamaan.

Berjalan kaki juga bisa membantu mengembangkan ketahanan mental serta membangun mood. Barusan telah disebutkan beberapa manfaat dari olahraga berjalan kaki. Masih kah olahraga yang satu ini dipandang sebelah mata setelah mengetahui segudang manfaat didalamnya? Asalkan dilakukan secara rutin olahraga seperti ini akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan serta kebugaran tubuh.

Berjalan kaki Sebagai Sarana Olahraga Alternatif was last modified: June 4th, 2013 by

Gallery of Berjalan kaki Sebagai Sarana Olahraga Alternatif