Berkendara Dengan Benar Agar Tidak Merugikan Orang Lain

motorSebagian besar kecelakaan yang terjadi di jalan raya merupakan akibat dari kelalaian penggendara. Hal ini tidak hanya merugikan sang penggendara saja bnyak orang yang tidak tahu apa-apa ikut menjadi korban yang disebabkan oleh kelalaian pengendara.

Masihkah anda mengingat sebuah kecelakaan maut yang terjadi di sekitar Tugu Tani Jakarta dan memakan banyak korban tidak berdosa disebabkan oleh pengendaranya –Afriyani- yang sedang dalam pengaruh obat-obatan terlarang. Berita tersebut sempat menggemparkan warga Jakarta serta menjadi bahan obrolan terupdate selama beberapa minggu.

Kasus Afriyani ini sudah seharusnya dijadikan bahan renungan bagi para pengendara kendaraan bermotor yang lain untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri juga orang lain. Jangan sampai kelalaian yang dilakukan berakibat fatal kepada orang lain.

Dikutip dari kompasiana rabu, (10/4/2013) mengenai hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan saat berkendara:

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

Pertama, perhatikan kodisi tubuh anda. Kondisi yang prima merupakan syarat utama jika ingin berkendara. Jika merasa tubuh anda sedang tidak dalam keadaan fit, letih atau mengantuk maka lebih baik istirahat terlebih dahulu jangan memaksakan tubuh untuk berkendara jika dalam keadaan tidak memungkinkan karena jika dipaksakan tetap berkendara bisa berakibat fatal.

Kedua, cek kendaraan sebelum berangkat. Hal ini harus sangat diperhatian untuk menghindari kejadian-kejadian tidak diinginkan seperti kerusakan mesin secara mendadak pada kendaraan. Biasakan memeriksa tekanan ban, rem, kaca sepion, kelengkapan alat-alat reparasi, hingga surat-surat berkendara. Pastikan semuanya sudah dicek sebelum mulai berkendara.

Ketiga, gunakan perangkat kendaraan dengan benar. Pastikan anda menggunakan perangkat kendaran dengan benar misalnya menyalakan lampu sein saat hendak berbelok atau berkendaralah dengan kecepatan yang wajar.

Keempat, berdoa. Jangan lupa untuk selalu berdoa minta diberikan perlindungan serta keselamatan selama berkendara.

Hal-hal yang tidak perlu dilakukan:

Pertama, melanggar aturan lalu lintas. Pastikan untuk selalu mengaitkan sabuk pengaman ketika berkendara dengan mobil dan jangan lupa menggunakan helm yang memenuhi standar keamanan ketika berkendara dengan motor. Usahakan untuk selalu mentaati seluruh rambu-rambu lalu lintas jangan menganggapnya remeh karena salah satu yang menjadi penyebab kecelakaan adalah tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Kedua, ngobrol sepanjang jalan. Berkendara sambil menelepon atau bersms akan sangat berbahaya karena mengurangi fokus anda dan dapat membahayakan pengguna jalan yang lain.

Ketiga, mendengarkan lagu lewat earphone. Hal ini akan mengganggu konsentrasi anda saat berkendara selain itu juga akan mengganggu pendengaran anda ketika ada klakson dari pengendara lain.

 

Berkendara Dengan Benar Agar Tidak Merugikan Orang Lain was last modified: June 4th, 2013 by

Gallery of Berkendara Dengan Benar Agar Tidak Merugikan Orang Lain