Bermain Dapat Menstimulasi Kecerdasan Anak

bermainBermain memang tidak dapat dilepaskan dari dunia anak-anak. Aktivitas bermain merupakan kegiatan yang paling menyenangkan untuk mereka. Melihat seorang anak kecil sedang bermain sambil tertawa riang merupakan hiburan tersendiri bagi yang melihatnya. Senyum-senyum polos itu mampu meluruhkan segala kelelahan fisik dan mental para orang dewasa.

Namun masih saja ada orang tua yang terlalu membatasi keinginan anak untuk bermain karena rasa takutnya jika anak terluka atau mengalami hal yang tidak diinginkan. Dengan melarang anak untuk bermain hanya akan melewatkan kesempatan anak untuk bisa belajar berbagai hal secara alami.

Padahal bermain merupakan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak. Secara tidak langsung bermain ikut berperan dalam proses tumbuh kembang anak. Anak yang memiliki waktu bermain yang cukup akan tumbuh dan berkembang dengan lebih baik dibanding anak yang hanya duduk diam didalam rumah.

Kali ini akan dibahas mengenai manfaat bermain bagi anak, diantaranya:

  1. Melalui bermain anak memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan serta meningkatkan daya imaginasi secara aktif. Bermain akan memberikan berbagai pengalaman menarik kepada anak.
  2. Bermain juga dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak yang mulai terjadi pada usia lima tahun pertama.
  3. Bermain juga dapat menstimulasi kecerdasan anak karena pada usia lima tahun pertama merupakan masa perkembangan otak yang sekaligus menjadi masa dimana kecerdasan anak mulai terbangun dengan stimulus yang baik maka kecerdasan anak akan menjadi optimal.
  4. Permainan anak yang melibatkan orangtua akan meningkatkan kedekatan emosional anak dengan kedua orangtuanya. Hal ini akan membentuk emosi positif yang akan membantu tumbuh kembangnya.
  5. Bermain juga dapat menciptakan komunikasi yang terbuka, mengembangkan kemampuan verbal anak serta meningkatkan konsentrasi anak.

Bagaimanapun juga bermain yang baik bagi anak harus disesuaikan dengan usia dan jenis permainannya. Selain itu kegiatan bermain ini harus diawasi oleh orang dewasa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses bermain.

 

Bermain Dapat Menstimulasi Kecerdasan Anak was last modified: June 6th, 2013 by

Gallery of Bermain Dapat Menstimulasi Kecerdasan Anak