Bidik Warga Miskin BRI Blusukan di Wilayah Kumuh

Bidik Warga Miskin BRI Blusukan di Wilayah Kumuh Рgelumbang.com. Masyarakat miskin di strata ekonomi paling bawah merupakan pihak yang harus dibantu oleh pemerintah. Mereka belum terentaskan dari garis kemiskinan. Tanpa pekerjaan tetap, tanpa pendidikan, dan juga tanpa perlindungan kesehatan. Bahkan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, warga miskin itu terjerat pada hutang rentenir atau lintah darat dengan bunga yang sangat mencekik. Oleh karena itu, mereka harus dikeluarkan dari ketidakberdayaan ekonomi yang hanya akan menambah penderitaan dalam hidup.

dana kur bri blusukan

Salah satu caranya yang efektif adalah memberdayakan warga miskin yang tinggal di tempat-tempat kumuh untuk diajak bekerja dengan cara yang paling sederhana, yaitu berjualan keliling. Modal akan diberikan lewat mekanisme Kredit Usaha Rakyat (KUR).

BRI membantu warga miskin

PT Bank Rakyat Indonesia Tnl (BRI) membidik lingkungan masyarakat di wilayah kumuh sebagai segmen utama dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lingkungan masyarakat pinggiran ini dianggap segmen yang mudah untuk diberdayakan dengan prospek yang lebih efektif.

BRI akan menyasar masyarakat yang tinggal di lingkungan kumuh perkotaan, untuk menyalurkan KUR. Demikian yang disampaikan Direktur Utama BRI, Sofyan Basir. Menurutnya, KUR memang diperuntukkan masyarakat kecil terutama mereka yang memiliki usaha mikro. Dengan modal KUR tersebut, pengusaha mikro dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi. Untuk saat ini, banyak pengusaha mikro di bidang perdagangan, seperti membuka toko sembako, toko pakaian, atau toko kelontong. Selain itu, benyak pengusaha mikro yang membuka bisnis di bidang kuliner kecil-kecilan, seperti membuka warung bakso, Mi ayam, gado-gado, dan lain sebagainya. Mereka itulah yang harus mendapatkan moadl KUR.

Pemberdayaan warga miskin

Salah satu jenis usaha yang akan dikembangkan melalui KUR BRI adalah mendorong masyarakat untuk berjualan kopi keliling dengan menggunakan sepeda. Jika terealisasi, pihak bank pelaksana akan membantu dengan penyediaan infrastrutur dan pelatihan manajemennya. Sementara untuk modal akan diberikan melalui KUR. Usaha tersebut merupakan langkah awal untuk menuju kepada usaha yang lebih berkembang lagi.

Melalui pembiayaan terhadap masyarakat di lingkungan kumuh, pihaknya benar-benar akan memberdayakan masyarakat mulai dari tahapan awal. Ini sifatnya memberdayakan dari awal, agar seseorang mau bekerja. Jika dia tidak mau bekerja tentu roda perekonomian tidak akan berubah. Nah, itu yang akan diubah dengan bantuan tim dari BRI. Bagaimana caranya untuk mengubah kebiasaan seseorang yang selama ini menganggur dan tidak punya penghasilan, menjadi seorang pengusaha mikro.

Perlu Anda ketahui bahwa hingga bulan Juni 2013, penyaluran KUR BRI tercatat telah mencapai Rp 73 triliun dengan total nilai outstanding sebesar Rp 23 triliun. Sementara total nasabah KUR BRI secara nasional telah mencapai 8,22 juta orang dengan porsi penyaluran terbesar dari sektor pertanian dan nelayan pesisir.

Bidik Warga Miskin BRI Blusukan di Wilayah Kumuh was last modified: December 24th, 2014 by

Gallery of Bidik Warga Miskin BRI Blusukan di Wilayah Kumuh

dana kur bri blusukan