Buah dan Sayur Dapat memperpanjang Usia

buahSemakin bertambahnya usia kebiasaan makan buah dan sayur semakin tersisih dari pola makan sehari-hari. Padahal, dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin ternyata juga bisa membuat kita lebih panjang umur.

Sebuah riset yang dilakukan selama 13 tahun kepada 71.000 orang di Swedia dengan rentang usia 45-83 tahun mengenai konsumsi buah dan sayur serta usia harapan hidup para responden, membuktikan bahwa mereka yang minimal mengkonsumsi satu sajian buah setiap harinya ternyata berusia 19 bulan lebih panjang dibanding mereka yang tidak pernah makan buah. Begitupun pada orang-orang yang makan sayur rutin setiap harinya ternyata memperpanjang umur sampai 32 bulan.

Lalu berapakah porsi makan buah dan sayur yang dianjurkan? peneliti mencatat bahwa yang terbaik adalah mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 5 kali setiap harinya, kurang dari itu bisa berefek tidak optimalnya usia harapan hidup.

Salah satu peneliti, Alicja Wolk, Phd, menyatakan bahwa sebaiknya dalam menu harian buah dan sayur harus selalu ada. Lebih baik lagi mengkonsumsi sayur lebih banyak dari pada buah.

“Buah dan sayur mengandung tipe vitamin dan mineral yang berbeda, yang tidak bisa kita temukan dalam makanan lain. Buah pada dasarnya lebih tinggi kalori. Meski begitu, buah dan sayur harus sama-sama dikonsumsi,” Katanya.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin bisa menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, dan obesitas.

Konsumsi buah dan sayur secara rutin diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tekanan darah menjadi lebih baik. Selain itu, buah dan sayur juga dapat  menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Buah dan Sayur Dapat memperpanjang Usia was last modified: July 19th, 2013 by

Gallery of Buah dan Sayur Dapat memperpanjang Usia