Cara Ini Akan Membantu Anak Suka Matematika

Biasanya para orang tua dibuat pusing karena anak mereka terlihat enggan menyelesaikan tugas matematika mereka. Lebih mengenaskan lagi ketika setiap hasil nilai pelajaran matematika berupa angka-angka yang mengecewakan.

cara ini akan membantu anak suka matematika

Apakah matematika demikian sulit sehingga seakan menjadi momok bagi anak dan para orang tua?

Sebenarnya tidak mutlak demikian. Terutama bila kita berbicara mengenai anak-anak dimana soal matematika yang mereka hadapi masih soal sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hanya saja mungkin kerumitan dan tekanan yang sudah terlanjur melekat membuatnya jadi terlihat sangat berat.

Lalu bagaimana cara membuat anak Anda menyukai matematika?

Mungkin beberapa cara ini bisa memberi Anda jawaban yang memuaskan.

  1. Kaitkan rumus-rumus matematika dalam pelajaran mereka dengan lingkungan mereka dan dunia sekitar mereka. Misalkan ketika Anda harus mengajarkan mereka perkalian dan pembagian. Jangan paksa mereka untuk sekedar menghafalkan, tapi sampaikan logika perkalian dan pembagian pada mereka dengan contoh nyata disekitar Anda. Misalkan mereka jajan 4 batang coklat yang masing-masing bernilai Rp 2 ribu. Maka buat mereka berlogika dengan perkalian angka 2 dan 4 sama dengan 8. Maka uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sebanyak Rp 8 ribu.
  2. Motivasi mereka dengan contoh sukses. Jika di sekitar Anda ada seorang yang bekerja dengan sukses pada bidang yang berkaitan dengan matematika seperti akuntan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, ahli teknik atau seorang ahli computer, jadikan mereka sebagai contoh nyata bagaimana memahami matematika dengan lebih baik bisa mengantarkan mereka pada kesuksesan.
  3. Jangan mengintimidasi anak dengan tekanan dan tuntutan. Biarkan mereka mengalir karena tekanan Anda akan memberi mereka emosi tidak sehat yang justru membuat mereka semakin menghindari matematika. Bersikaplah sebagai pembimbing, sadarilah kondisi ini sebagai keterbatasan hanya saja Anda tetap harus membimbingnya. Toh secara umum ilmu matematika dasar hampir terpakai pada seluruh ilmu di dunia.
  4. Buat sistem belajar yang asyik dengan alat peraga berwarna warni dan cara yang menyenangkan. Anda bisa mengajak mereka bermain sembari memberi mereka logika matematika. Anda bisa ajak mereka memasak, kemudian meminta mereka memotong sebatang buncis menjadi 3. Maka logikanya 1 buah buncis sudah Anda bagi dalam 3 bagian atau sama dengan 1/3. Logika-logika nyata yang Anda jabarkan sembari bermain selalu lebih mudah mereka terima daripada Anda sampaikan secara kaku di depan buku.
Cara Ini Akan Membantu Anak Suka Matematika was last modified: October 1st, 2013 by

Gallery of Cara Ini Akan Membantu Anak Suka Matematika