Cara Kerja Efek Domino Dalam Meningkatkan Penjualan Anda.

Pernahkah Anda mengenal kartu domino yang disusun secara berderetan, kemudian pada salah satu ujungnya kartu sengaja dijatuhkan dan mengenai kartu di sisinya hingga ikut rubuhbegitu seterusnya hingga secara berurutan semua kartu domino yang berjajar tadi jatuh semua. Itulah efek domino yang akan saya jelaskan kali ini.

cara kerja efek domino dalam meningkatkan penjualan anda.

Gambaran tadi bisa menjadi gambaran pula dalam dunia bisnis, bahasa lain yang kerap Anda dengar pada masyarakat umum adalah ketok tular. Pada kasus ini, adalah seorang konsumen yang puas akan menceritakan kepuasannya pada koleganya. Kemudian menimbulkan rasa penasaran pada koleganya dan kemudian ikut membeli. Pembeli kedua yang juga merasa puas akan menularkannya kembali pada koleganya yang lain dan begitu seterusnya.

Setiap konsumen adalah sebuah kartu domino, setiap mereka membeli dan kemudian merasa puas dan menularkannya pada calon konsumen berikutnya merupakan analogi dari kartu yang jatuh dan mejtuhkan kartu di sisinya. Begitu kerja efek domino dalam meningkatkan penjualan. Efek domino bisa menjadi sebuah sistem pemasaran gratis sekaligus efektif dalam meningkatkan penjualan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan menerapkan efek domino ini?

  1. Targetkan pada kepuasan pelanggan
    Efek domino bisa bekerja maksimal bila konsumen Anda puas. Jadi pekerjaan terbesar Anda di sini adalah memastikan kepuasan konsumen. Ketahui kebutuhan konsumen Anda dan coba untuk memenuhinya dengan produk dan layanan Anda.
  2. Kumpulkan Testimony
    Efek domino juga bisa Anda upayakan sendiri dengan mengumpulkan testimony. Mintakan konsumen Anda untuk menyampaikan kepuasan mereka dan sebarkan pada media, bisa melaluia web, facebook atau BB. Meski terkesan klise, testimony tetap memiliki kemampuan untuk meyakinkan calon konsumen.
  3. Hati-hati dengan kekecewaan
    Efek domino juga bisa bekerja secara negatif. Ketidak puasan mereka bisa menular pula pada calon konsumen sehingga mereka yang pada awalnya penasaran justru mundur karena testimony negatif.
  4. Jaga hubungan baik dengan konsumen
    Tidak ada salahnya Anda tetap menyimpan contact person dari konsumen mereka. Jadi bila sewaktu-waktu mereka datang kembali Anda masih bisa mengidentifikasi mereka. Sikap Anda ini memberi kesan tersendiri bagi konsumen dan menimbulkan rasa penting. Rasa penting inilah yang nantinya akan membuat mereka rela berpromosi untuk Anda dengan gratis.
  5. Tunjukan penghargaan pada rekomendasi
    Bila datang seorang konsumen yang mengaku tertarik pada produk Anda karena rekomendasi seseorang, perlakukan konsumen baru ini dengan lebih baik, ini akan menunjukan kalau Anda mengenal baik pemberi rekomendasi. Pada sisi lain ucapkan terimakasih kepada pemberi rekomendasi melalui message atau BBM. Cara ini akan membuat mereka keranjingan merekomendasikan produk Anda pada orang lain lagi.
Cara Kerja Efek Domino Dalam Meningkatkan Penjualan Anda. was last modified: September 11th, 2013 by

Gallery of Cara Kerja Efek Domino Dalam Meningkatkan Penjualan Anda.

tags: