Cara Mencegah Virus Toxoplasma

uciiingBagi para pecinta hewan peliharaan terutama kucing pasti memiliki rasa takut terhadap virus yang satu ini. Virus toxoplasma adalah parasit protozoa bersel tunggal penyebab Toxoplasmosis. Kepercayaan yang beredar dimasyarakat mengatakan bahwa penularan virus ini melalui perantara seekor kucing padahal sesungguhnya virus ini tidak hanya ditularkan melalui kucing saja melainkan berbagai hewan peliharaan juga berpotensi menularkan virus ini termasuk anjing, sapi dan kambing.

Bahaya toxoplasma memang cukup membuat sesorang merasa was-was karena efek yang ditimbulkan tidak sepele. Virus ini biasanya menginfeksi otak tapi juga bisa menginfeksi bagian tubuh lain. Virus ini juga bisa menyebabkan keguguran dan cacat pada bayi jika tertular pada masa kehamilan.

Karena dampaknya yang cukup meresahkan para pecinta binatang maka ada baiknya kita melakukan pencegahan terhadap toxoplasma sebelum terjangkit penyakit ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari virus toxoplasma:

  1. Para wanita atau wanita yang mempunyai rencana untuk hamil sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kesehatan berupa test darah untuk mengetahui apakah terjangkit virus toxoplasma atau tidak.
  2. Masak daging dengan sempurna, minimal dengan suhu 70 derajad celcius.
  3. Bersihkan tangan dan semua peralatan yang sudah digunakan untuk memotong daging dengan sabun hingga bersih.
  4. Cuci buah-buahan dan sayuran dengan bersih.
  5. Biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan sesuatu.
  6. Periksakan hewan peliharaan/kesayangan anda ke dokter hewan untuk mengetahui apakah hewan peliharaan anda terinfeksi virus toxoplasma atau tidak.
  7. Jangan berikan makanan daging mentah atau ikan mentah kepada binatang peliharaan anda. Selain itu awas hewan peliharaan anda agar tidak memburu binatang lain sebagai mangsanya.
  8. Hewan peliharaan yang mengkonsumsi makanan komersial berupa makanan kering atau kalengan dan selalu berada di dalam rumah, sangat jarang bahkan tidak akan pernah terinfeksi toxoplasma.
  9. Bersihkan kotak litter pasir/kotoran hewan peliharaan anda setiap hari.
  10. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan hewan kesayangan anda agar terhindar dari toxoplasma.

 

 

Cara Mencegah Virus Toxoplasma was last modified: June 15th, 2013 by

Gallery of Cara Mencegah Virus Toxoplasma