Cara tepat Menentukan Skala Prioritas

Ketika Anda harus berhadapan dengan setumpuk pekerjaan  sementara Anda tidak punya banyak waktu, maka satu-satunya jalan untuk menyelesaikannya adalah dengan menggunakan manajemen waktu. Tetapi dalam mengelola manajemen waktu sebelumnya Anda perlu menentukan skala prioritas dari pekerjaaan Anda tadi.

cara tepat menentukan skala prioritas

Karena bila Anda berhasil mengelola manajemen waktu, maka Anda akan lebih mudah menyelesaikan tumpukan pekerjaan Anda tanpa harus tenggelam di dalamnya. Dan bila Anda mengerjakannya dengan mengabaikan skala prioritas, bukan tidak mungkin Anda justru akan berakhir pada kekacauan.

Lalu bagaimana cari menentukan skala prioritas?

  1. Prioritas utama : Pekerjaan mendesak dan terpenting
    Di antara banyak pekerjaan pasti terdapat pekerjaan yang harus segera selesai, bahkan mungkin sebelum siang datang. Dahulukan pekerjaan ini dari yang lain, semudah atau sesulit apapun pekerjaan ini. Karena semakin awal Anda mengerjakannya semakin rendah tekanan Anda dalam bekerja
  2. Prioritas Kedua : pekerjaan terberat
    Ketika Anda sudah merampungkan pekerjaan pertama Anda, sudah pasti Anda masih memiliki cuku banyak energy. Karenanya pilihlah pekerjaan terberat dari semua pekerjaan Anda, pekerjaan yang akan memakan banyak tenaga dan membutuhkan banyak konsentrasi. Bila Anda tunda pekerjaan ini, bisa jadi pada siang hari energy Anda sudah turun dan membuat Anda kehilangan konsentrasi.
  3. Prioritas ketiga : Istirahat
    Ketika Anda sedang sangat sibuk, maka kerap kali Anda menjadikan istirahat sebagai priorita terakhir. Padahal bila Anda hilangkan jadwal istirahat, maka bisa jadi Anda justru tenggelam dalam kelelahan, kejenuhan dan mungkin tekanan karena Anda memaksakan pikiran dan tubuh Anda bekerja non stop. Gunakan waktu beberapa menit untuk sekedar melihat langit biru dan menghirup udara segar, menjawab message kolega Anda di FB atau bangun dari kursi untuk sekedar membuat secangkir teh hangat.
  4. Prioritas keempat : pekerjaan rutin
    Biasanya dari semua pekerjaan Anda setiap hari ada beberapa yang menjadi rutinitas Anda. Buat jadwal yang pasti untuk pekerjaan macam ini dan kerjakan dengan rutin setiap harinya. Pada otomatis selesai berkat kebiasaan.
  5. Prioritas kelima : pekerjaan dengan target jangka panjang
    Bila Anda sedang menghadapi pekerjaan jangka panjang yang perlu Anda cicil secara berkala setiap harinya, maka gunakan sisa waktu Anda di hari tersebut untuk mengerjakannya. Pekerjaan ini tidak menuntut Anda untuk selesai hari itu juga dan tidak menuntut Anda mencapai target tertentu pada hari tersebut. Bila pekerjaan ini cukup sulit dan Anda sudah mulai lelah, istirahatlah sejenak seperti pada poin 3 tadi, baru kemudian Anda memulai mengerjakannya.
Cara tepat Menentukan Skala Prioritas was last modified: September 20th, 2013 by

Gallery of Cara tepat Menentukan Skala Prioritas