Cermat Memilih Jurusan Kuliah

jurusan kuliahCermat Memilih Jurusan Kuliah – gelumbang.com. Pendaftaran SMBPTN (Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2013/2014 telah dibuka sejak tanggal 13 Mei – 14 Juni 2013. Bagi calon peserta yang tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi pasti tidak akan melewatkan kesempatan yang hanya datang setiap setahun sekali ini. Mereka pasti berlomba-lomba memperebutkan kursi yang tersedia di setiap universitas favorit masing-masing.

Sebelum mendaftarkan diri pastikan kalian telah menentukan jurusan apa yang nantinya akan dipilih. Memilih jurusan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, bisa dibilang pemilihan jurusan merupakan salah satu pengambilan keputusan tersulit yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kalian dimasa yang akan datang. Untuk itu pemilihan jurusan harus dilakukan dengan sangat cermat dan hati-hati. Jangan sekali-kali memilih suatu jurusan hanya karena alasan ikut-ikut teman atau hanya sekedar iseng. Dalam hal ini, kalian sudah harus bisa mengenali diri kalian masing-masing. Jangan lagi terpengaruh dengan pengaruh orang sekitar. Yang menentukan masa depan kalian adalah kalian sendiri bukan orang lain. Untuk itu pastikan jurusan yang kalian pilih merupakan suatu jurusan yang memang kalian inginkan dan nantinya akan membawa kebaikan untuk kalian di masa depan.

Lalu faktor apa saja yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih jurusan? Well, Disini saya akan berbagi tiga faktor yang harus diperhatikan ketika akan memilih jurusan.

 

Passion

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah passion. Waktu empat tahun bukanlah waktu yang singkat maka dari itu kita harus bisa menghabiskannya dengan perasaan senang dan bahagia. Apa jadinya jika kita melakukan kegiatan yang tidak kita sukai dalam jangka waktu yang lama? Pasti hasil yang dicapai pun tidak akan optimal. Bisa jadi malah akan terhenti ditengah jalan dan tidak mendapatkan apa-apa. Untuk itu  cobalah pikirkan baik-baik hal apa yang kalian sukai? Kegiatan apa yang paling kalian minati untuk dilakukan? Pekerjaan seperti apa yang kalian harapkan? Cita-cita atau Hobi ?  hal-hal tersebut bisa digunakan sebagai rujukan untuk menemukan jurusan apa yang tepat untuk kalian.

 

Orang tua

Orang tua juga merupakan faktor penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Beberapa orang tua cenderung memaksa anak mereka untuk memilih jurusan tertentu sesuai dengan keinginannya, padahal sebenarnya tidak sesuai dengan passion dan apa yang diinginkan oleh anak mereka. Disini kalian sudah harus bisa belajar berargumen kepada orang tua. Jangan memendamnya dalam hati hanya karena rasa takut. Berikan pengertian kepada mereka tentang jurusan apa yang sebenarnya kalian pilih. Yakinkan kepada mereka bahwa ini yang kalian mau dan ini yang nantinya akan kalian pertanggung jawabkan.

 

Sahabat/ Pacar

Jangan pernah memilih jurusan karena ingin kuliah bersama sahabat atau pacar. Pastinya masing-masing dari kalian memiliki passion yang berbeda jadi jangan karena ingin terus bersama maka kalian mengabaikan keputusan penting yang mungkin saja akan kalian sesali suatu saat nanti.

 

Cermat Memilih Jurusan Kuliah was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Cermat Memilih Jurusan Kuliah