Daur Ulang Sampah Daun Sebagai Potensi Ekspor

Sampah daun adalah salah satu permasalahan dalam menjaga kelestarian bumi ini. Meskisampah daun bersifat organik dan dapat melapuk dengan mudah, tapi cara penanganan yang salah seperti dibakar justru menjadi permasalahan sendiri untuk kelestarian udara sehat. Itu sebabnya ide daur ulang pda sampah daun bisa menjadi ide sehat bagi bumi.

daur ulang sampah daun sebagai potensi ekspor

Salah satu ide sehat ini adalah dengan menjadikan sampah daun menjadi produk seni rupa. Bentuk siluet daun yang unik bisa And ekspose dengan memajangnya pada sebuah bingkai yang indah. Siapa sangka konsep sederhana ini bisa memiliki pasar ekspor yang cukup besar.

Bagaimana Bentuk Karya Seni Daur Ulang Sampah Daun Ini?

Bentuknya sangat simpel, dalam sebuah bingkai berukuran 40 x 50 cm dengan beludru hitam sebagai backdrop. Diatas beludru hitam terpasang selembar daun kering dengan wrna coklat kemerahan. Kesan yang muncul ini justru terkesan eksotis dan unik.

Anda bahkan bisa merangkai beberapa daun kering menjadi bentuk gambar 2 dimensi seperti gadis berpayung, kupu kupu atau bunga. Sangat menarik bukan?

Menurut salah satu pelaku usaha ini di kawasan Bantul, penjualan ekspor dari produk ini sudah merambah hingga ke Amerika, Eropa dan Jepang. Permintaan dari Eropa setiap bulan mencapai 600 bingkai yang persatu bingkainya dihargai sekitar $ 80 – $ 600. Angka yang menggiurkan bukan?

Padahal dalam membuat bahan baku ini biayanya tergolong rendah. Karena daun sebagai bahan utama tergolong murah saja Anda peroleh. Sementara bingkai dan beludru paling hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 100 ribu saja. Pada sisi lain untuk pemasaran, pelaku usaha ini hanya menjualnya di forum-forum kriya internasional baik online maupu offline.

Anda lihat dengan kejelian dan kemampuan untuk menjalin komunikasi baik dengan pasar internasional, maka sesuatu yang tampak tidak lagi terpakai bahkan bisa menghasilkan keuntungan luar biasa. Sementara daur ulang adalah salah satu solusi dalam menjaga kelestarian lingungan. Daur ulang sampah daun ternyata bisnis yang menggiurkan bukan? Bagaimana menurut Anda?

Daur Ulang Sampah Daun Sebagai Potensi Ekspor was last modified: October 5th, 2013 by

Gallery of Daur Ulang Sampah Daun Sebagai Potensi Ekspor