Fakta Mengenai Membaca

membaca

 

Fakta  Mengenai Membaca. Aktivitas membaca merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat bagi seseorang. Membaca dapat membantu seseorang untuk melatih kecerdasannya karena ketika membaca otak kita dituntut untuk terus bekerja agar dapat mengoptimalkan fungsinya. Namun menurut beberapa sumber minat membaca penduduk Indonesia sangatlah rendah dibanding Negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Rendahnya minat membaca akan sangat mempengaruhi kualitas dari orang-orangnya itu sendiri. Tentu saja ini merupakan hal yang cukup memprihatinkan.

Sebagian orang masih beranggapan bahwa membaca merupakan suatu aktivitas yang sangat membosankan dan hanya membuang-buang waktu. Padahal membaca bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Membaca bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apa yang harus dibaca pun tidak ada batasannya. Anda boleh membaca apapun yang anda inginkan majalah, koran, artikel bahkan selebaran atau brosur pun akan sangat berguna. Namun tetap saja masyarakat terlalu malas untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Aktivitas yang sebenarnya memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan. Banyak fakta-fakta tentang membaca yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Gelumbang.com akan berbagi beberapa fakta mengenai membaca.

“Semakin banyak membaca maka anda akan terlihat lebih pintar” Mengapa demikian?  Kalimat tersebut bukanlah hanya sekedar omong kosong saja, karena faktanya seseorang yang selalu meluangkan waktunya untuk membaca akan memiliki memori otak yang lebih besar dibandingkan dengan yang tidak. Ilmu yang dimiliki oleh orang yang gemar membaca juga pasti akan sangat berbeda dengan mereka yang hanya senang mendengarkan tanpa memcoba untuk mencari tahu dengan cara membaca. Otak akan merekam serta menyimpan apa saja yang telah dibaca lalu kemudian menyalurkan kembali saat seseorang mulai berbicara.

Selain berguna untuk mengoptimalkan fungsi otak ternyata membaca juga dapat membuat seseorang tampak selalu awet muda. Tidak percaya? Coba perhatikan nenek-nenek atau kakek-kakek yang gemar membaca sejak muda dengan mereka yang tidak suka membaca. Mereka yang tidak terbiasa untuk membaca akan semakin cepat terserang penyakit pikun bahkan alzaimer. Sedangkan mereka yang gemar membaca otaknya selalu dilatih untuk bekerja sehingga tidak mudah terserang penyakit tua.

Membaca memang memiliki banyak manfaat untuk itu marilah kita membiasakan kebiasaan membaca sedini mungkin.

Fakta Mengenai Membaca was last modified: May 18th, 2013 by

Gallery of Fakta Mengenai Membaca