Hewan Peliharaan Membantu Mengembangkan Sisi Kemanusiaan Pada Anak

peliharaanRatih Andjayani Ibrahim, Psikolog Universitas Indonesia mengatakan bahwa membiasakan anak dengan binatang peliharaan sejak dini dapat membangun kecerdasaan anak, walaupun begitu harus tetap dalam pengawasan orangtua.

“Sebetulnya kalau sejak bayi berhubungan dengan binatang itu bisa membangun kecerdasan anak. Jadi sejak umur kecil sekali sudah bisa, tapi harus diajari bagaimana caranya merawat binatang,” kata Ratih dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Dengan membiasakan anak untuk merawat dan bermain dengan binatang peliharaan seperti ikan, kucing, anjing, marmut dan binatang lain yang tidak berbahaya sejak dini, maka akan membantu anak untuk mengembangkan ‘sense of nurturing animal’ atau insting merawat pada anak.

Hewan peliharaan bisa dijadikan objek untuk menimbulkan perasaan saling menyayangi pada anak kepada makhluk hidup lain. Selain itu, cara ini juga bisa membantu menumbuhkan sisi kemanusiaan pada anak.

dr Soedjatmiko Sp.A(K) menambahkan bahwa anak bisa dikenalkan dengan binatang secara bertahap, disesuaikan dengan perkembangan anak.

“Dimulai dari kemampuan anak, saat bisa melihat, mendengar suara, bisa ditunjukkan hewannya, atau kalau sudah bisa menyentuh, bisa disentuh bulunya,” katanya.

Memperkenalkan anak pada binatang peliharaan sudah bisa dilakukan pada usia berapapun, yang penting harus selalu dalam pengawasan orang tua. Pastikan untuk  menjaga serta merawat kebersihan hewan peliharaan agar anak terhindar dari resiko penyakit yang bisa ditularkan melalui kutu, tinja atau virus rabies.

Hewan Peliharaan Membantu Mengembangkan Sisi Kemanusiaan Pada Anak was last modified: July 28th, 2013 by

Gallery of Hewan Peliharaan Membantu Mengembangkan Sisi Kemanusiaan Pada Anak