Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Menggunakan Telapak Tangan

tanganHampir seluruh aktivitas sehari-hari yang kita lakukannya pasti berhubungan dengan tangan. Sudah tentu tangan ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam jenis bakteri dan kuman. Lalu bagaimana jadinya jika tangan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri dan kuman menempel pada wajah?

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah saat pori-pori wajah tertutup oleh minyak dan bakteri. Kuman dan bakteri yang menempel pada tangan berpindah ke wajah sehingga mengakibatkan pori-pori tersebut tersumbat. Hal ini merupakan salah satu yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat pada wajah anda.

Maka jika anda memiliki kebiasaan menempelkan tangan terutama telapak tangan ke wajah maka anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut jika tidak ingin wajah anda ditumbuhi jerawat. Kali ini gelumbang.com akan berbagi beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, antara lain:

Patikan tangan selalu bersih

Cucilah tangan dengan bersih menggunakan sabun atau antiseptic. Namun tidak perlu mencuci tangan terlalu sering karena dikhawatirkan akan membunuh bakteri baik yang ada ditangan. Sebaiknya cucilah tangan setelah anda berkontak langsung dengan sarana-sarana umum.

Jangan memegang rambut

Pada rambut biasanya terdapat debu, kotoran serta minyak, jika anda memegang rambut anda kemudian berganti menyentuh wajah anda menggunakan tangan yang sama maka debu,kotoran serta minyak yang menempel pada tangan akan berpindah ke wajah dan pada akhirnya akan menyumbat pori-pori wajah kemudian menyebabkan timbulnya jerawat.

Gunakan punggung tangan

Jika anda sedang dalam keadaan terdesak atau kepepet harus menyentuhkan tangan ke wajah maka lebih baik menggunakan punggung tangan bukan telapak tangan. Karena cara ini akan sedikit mengurangi jumlah bakteri dan kuman yang menempel pada wajah. Bukan berarti punggung tangan tidak mengandung kuman dan bakteri hanya saja jumlah kuman dan bakteri pada punggung tangan tidak sebanyak di telapak tangan.

Sibukkan tangan anda

Sibukkan tangan disini berarti anda harus menyibukkan tangan agar tidak menyentuh wajah. Kebanyakan orang menyentuh wajah atau meraba-raba jerawat saat tangan dalam keadaan santai, maka jika tangan anda sibuk melakukan berbagai hal maka otomatis tidak akan sempat menyentuh wajah.

Libatkan orang lain

Jika kebiasaan ini sudah sulit dihentikan sendiri maka anda memerlukan bantuan orang lain agar dapat menghetikannya. Caranya adalah dengan meminta teman, saudara, atau keluarga untuk selalu mengingatkan jika tangan anda mulai menyentuh wajah. Semakin sering teman anda mengingatkan maka akan semakin baik karena lama-kelamaan akan terbiasa dengan sendirinya.

Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Menggunakan Telapak Tangan was last modified: June 25th, 2013 by

Gallery of Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah Menggunakan Telapak Tangan