Hindari Kebiasaan Minum di Sela-Sela Makan

makan

Kebanyakan orang pada saat makan biasanya ditemani oleh segelas minuman segar, kemudian meminumnya disela-sela proses makan. Mungkin tujuannya adalah supaya makanan lebih lancar tercerna dan menghindari tersedak.

Tapi tahukah anda jika makan sambil diselingi dengan minum sebenarnya tidak diperbolehkan dalam dunia kesehatan?

Makan diselingi minum bisa berakibat buruk terhadap pencernaan dan kesehatan. Hal ini terjadi karena minum air saat sedang makan bisa meningkatkan kadar insulin dengan cepat.

Meningkatnya kadar insulin akan berpengaruh terhadap pencernaan seseorang. Terlebih lagi jika sedang menderita diabetes maka resiko terjadinya penyakit pencernaan akan semakin tinggi.

Selain menyebabkan gangguan pencernaan, makan diselingi minum akan meningkatkan asam dan menimbulkan rasa mulas. Lebih dari itu, makan diselingi minum juga dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah yang nantinya akan menyebabkan tubuh menimbun lemak lebih cepat.

Maka dari itu jika ingin terhindar dari penyakit dan memiliki pencernaan yang sehat, maka hilangkan kebiasaan makan diselingi dengan minum. Sebaiknya berikanlah jeda waktu antara makan dan minum.

Untuk mengurangi rasa haus, hindari makanan-makanan yang memancing rasa haus seperti makanan yang terlalu asin dan makanan yang terlalu pedas. Makanan-makanan tersebut akan meningkatkan rasa haus dan membuat anda ingin minum terus menerus.

Selain itu, biasakan untuk makan tidak tergesa-gesa agar tidak tersedak. Makanlah dengan tenang dan kunyahlah makanan hingga halus kemudian baru ditelan.

Setelah mengetahui fakta tersebut ada baiknya anda mulai memperbaiki kebiasaan makan anda. Gantilah kebiasaan-kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang lebih baik demi kesehatan tubuh anda.

 

Hindari Kebiasaan Minum di Sela-Sela Makan was last modified: August 2nd, 2013 by

Gallery of Hindari Kebiasaan Minum di Sela-Sela Makan