Ibu Ani Atur Kerja Kabinet, Ini Pernyataan Para Menteri

Belum lama ini beredar sebuah berita yang diterbitkan situs Wikileaks yang menyatakan bahwa Ibu Ani Yudhoyono adalah dalang dibalik kerja-kerja kabinet. Terkait berita yang yang sudah menyebar itu, inilah tanggapan dari para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I dan II.

Ibu Ani Atur Kerja Kabinet, Ini Pernyataan Para Menteri

Jusuf Kalla (JK) yang merupakan mantan Wakil Presiden, memberikan pernyataan terkait dengan keberadaan Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Ia mengatakan bahwa selama masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada periode 2004 – 2009, tidak pernah sedikit pun terlihat bahwa Ibu Negara ini ikut campur dalam pengambilan sebuah keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ia juga menambahkan bahwa semua keputusan itu ada di dalam sidang kabinet.

Jusuf Kalla juga membantah sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Ibu Ani mempunyai peran sebagai broker kekuasaan di pemerintahan, yang dengan kekuasaannya itu ia bisa menyingkirkan Jusuf Kalla yang menjadi saingan di dalam ajang pesta pesta rakyat 2009 silam. Jusuf Kalla juga menambahkan bahwa hubungan kedekatan antara Jususf Kalla dengan Ibu Ani hanyalah terkait dengan hubungan kekeluargaan dan sosial semata. Tidak pernah keduanya bertemu untuk membahas masalah politik dan juga pemerintahan.

“Selama saya di pemerintahan lima tahun, sama sekali saya tidak pernah berbicara masalah kedinasan dengan Ibu Ani. Hanya masalah-masalah kekeluargaan,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali. Ia menjelaskan bahwa selama masa pemerintahan, tidak pernah ia melihat Ibu Ani mengintervensi Presiden SBY di dalam menentukan sebuah hasil keputusan.

“Pengalaman saya, selama menjadi menteri di Kabinet Indonesia Bersatu I dan II, setahu saya, bu Ani tidak pernah ikut campur,” kata Suryadharma saat dijumpai di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini juga meragukan dengan sebuah kabar yang menyatakan bahwa Ibu Ani memegang peran besar di dalalam pengambilan keputusan SBY.  Apalagi, ketika beliau sedang bertugas baik di luar kota ataupun di luar negeri, SBY kerap kali meminta Ibu Ani untuk keluar dari ruang pertemuan.

Pernyataan senada juga diungkapkan oleh Meteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri. Ia menilai bahwa kehadiran Ibu Ani hanyalah sebagai pendamping saja, tidak lebih. “Setahu saya tidak ada,” kata Salim di Gedung DPR, Senin kemarin. Salim juga menambahkan bahwa jika istri mendampingi suami itu adalah sebuah hal yang wajar. “Tapi kalau peran pengaruhi saya pikir tidak ada,” ujarnya.

Ibu Ani Atur Kerja Kabinet, Ini Pernyataan Para Menteri was last modified: December 28th, 2016 by

Gallery of Ibu Ani Atur Kerja Kabinet, Ini Pernyataan Para Menteri