Indonesia Sudah Ganti Kurikulum 9 Kali

kurikulum

Pada awal tahun 2013 ini, dunia pendidikan di tanah air dibuka dengan perdebatan tentang kurikulum 2013 yang akan menggantikan kurikulum KTSP oleh Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). Hal ini tentu memperlihatkan bahwa Indonesia memang sering sekali mengganti-ganti kurikulum.

Sejak tahun 1947 sampai saat ini, pendidikan di tanah air telah mengalami pergantian kurikulum sebanyak sembilan kali. Pada dasarnya kurikulum dibuat untuk lebih meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia dalam rangka menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan waktu lah yang akan membuktikan sejauh mana Indonesia mencapai tujuan ini.

Tidak ada yang salah pada pengubahan kurikulum karena kurikulum itu sebenarnya memang disesuaikan dengan kemajuan zaman dan kebutuhan lulusan. Kurikulum 2013 memang akan ditekankan pada penanaman karakter karena bangsa ini sedang miskin karakter. Selain itu pengurangan mata pelajaran juga dilakukan untuk mengurangi beban belajar siswa.

Sebenarnya, selain pada kurikulum, masalah lain yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah tentang kualitas guru karena mereka lah yang nantinya akan menjalankan kurikulum dan mengelola KBM (Kegiatan belajar mengajar) di sekolah.

Oleh sebab itu, Sihol Aritonang, Ketua Pengurus Tanoto Foundation melalui Tanoto Foundation meningkatkan kualitas para pendidik di daerah terpencil dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah terpencil.

“Kemajuannya biasa diukur, selama tiga tahun terakhir ini, kami sudah melatih lebih dari dua ribu guru dan membantu lebih dari dua ratus sekolah untuk memperbaiki infrakstrukturnya,” ucap Sihol saat ditemui di Hotel Crown, Jakarta kemarin (11/6)

Untuk sekedar informasi, Tanoto Foundation didirikan oleh Sukanto Tanoto bersama Tinah B. Tanoto pada tahun 2001 lalu memiliki visi untuk mengentaskan kemiskinan lewat pendidikan, pemberdayaan, dan juga peningkatan kualitas hidup.

Tanoto Foundation dalam bidang pendidikan telah memberikan beasiswa untuk S1 dan S2, menjalankan program Pelita Pendidikan (Peningkatan Kualitas Pendidikan) di Sumatera Utara, Jambi, dan Riau bekerja sama dengan Asian Agri dan APRIL untuk menjalankan program  beasiswa Regional Champion Scholarship, National Champion Scholarship, Advanced Education Support yang mendukung pengembangan riset di perguruan tinggi, dan beberapa program kemitraan pendidikan.

Indonesia Sudah Ganti Kurikulum 9 Kali was last modified: June 13th, 2013 by

Gallery of Indonesia Sudah Ganti Kurikulum 9 Kali