Indonesia Ternyata Punya Desainer-Desainer Grafis Kelas Dunia

yo-teaser

Desainer grafis Indonesia ternyata merajai dunia. Itulah fakta yang terjadi selama ini dan tidak banyak masyarakat yang tahu tentang hal ini. Para profesional di bidang desain grafis tersebut tidak hanya sekedar dari segi kuantitas saja yang banyak tetapi mereka juga membuktikan kualitasnya. Mereka telah memperlihatkan peran penting mereka terhadap karya-karya kelas dunia mulai dari komik, animasi, logo perusahaan, sampai film kelas box office.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari 99designs.com. sebuah pasar desain grafis terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 225 ribu desainer dari 192 negara, 17 ribu di antaranya adalah dari Indonesia. Jumlah ini lebih banyak dari Filipina yang selama ini mendominasi. Community Director 99designs, Jason Aiken mengatakan bahwa dari jumlah tersebut, sekitar 4000 orang telah memenangkan kontes desain yang diselenggarakan di situs 99designs.

“Indonesia mempunyai banyak sumber daya potensial di dunia desain grafis. Tiap tahunnya muncul desainer-desainer baru yang siap bersaing,”ucap Aiken ketika melakukan roadshow 99designs di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.

Ia juga mengatakan bahwa sejak situsnya didirikan pada tahun 2008 lalu, ia telah membayar lebih dari US$ 10 juta pada desainer Indonesia dan Filipina. Nominal ini jauh lebih besar daripada nominal yang dibayarkan 99designs pada komunitas desain yang berasal dari negara lain.

Dari sekian banyak desainer grafis dari Indonesia yang telah terjun di pasar industri kreatif tersebut, beberapa di antaranya ada yang sudah sangat populer seperti Yolanda Santosa, Danton Sihombing, Henricus Kusbiantoro, Lucia C Dambies, Christiawan lie, dan Melissa Sunjaya.

Danton Sihombing telah menyandang gelar master di bidang desain grafis dari SCAD, Georgia, AS. Ia pernah berkarya untuk beberapa perusahaan dunia seperti Allied Graphic Arts. Ia juga merupakan sosok yang ikut berkontribusi dalam proyek revitalisasi brand Marks & Spencer dan Nascar. Danton telah memulai karirnya sebagai desainer sejak tahun 1990.

Jika berbicara kisah sukses desainer grafis dari Indonesia yang berkiprah di dunia internasional, rasanya tidak lengkap jika tidak menyebut Yolanda Santosa. Ia adalah sosok yang berkontribusi pada beberapa film layar lebar seperti The Hulk, The Shaggy Dog, An Inconvenient Truth, Catwoman, dan Herbie Fully Loaded. Ia juga jadi bagian penting dalam beberapa serial TV seperti Ugly Betty, Housewives, Into the West, The Triangle, Tarzan, dan Weeds.

Indonesia Ternyata Punya Desainer-Desainer Grafis Kelas Dunia was last modified: June 19th, 2013 by

Gallery of Indonesia Ternyata Punya Desainer-Desainer Grafis Kelas Dunia