Ini Yang Anak Anda Pelajari Di Kelas 4 SD

Ketika anak Anda sudah mulai duduk di kelas 4 SD, Rasanya ada beberapa hal yang campur aduk dalam perasaan Anda. Antara bangga setelah melihat buah hati semakin besar, tapi juga semakin berdebar mengingat semakin besar pula tanggung jawab anak Anda dalam dunia pendidikannya.

Ini Yang Anak Anda Pelajari Di Kelas 4 SD

Tentu saja dengan bertambahnya usia, maka beban seorang anak dalam pelajarannya semakin berat. Dan sebagai orangtua Anda juga berperan dalam mengiringi anak menjalani dan merampungkan tanggung jawabnya dengan baik. Lantas sebelum Anda mengerti apa yang harus Anda lakukn sebagai pendamping mereka, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pedoman Anda mengenai hal-hal yang dipelajari dan dapatkan pada saat anak Anda duduk di kelas 4 SD.

  1. Membaca memang sudah bukan lagi persoalan mereka, tapi mereka harus mampu memahami teori sederhana hingga ke dasar teori dan aplikasinya. Sebuah tuntutan yang sederhana sebenarnya tapi tidak mudah untuk usianya.
  2. Kadang mereka diminta melakukan penelitian sederhana mengenai suatu objek dan melaporkannya baik secara tabel, diagram hingga laporan tertulis. Di sini memang mereka diharapkan sudah mampu memahami sebuah rangkaian peristiwa dan mampu menggambarkan secara ilmiah sederhana.
  3. Matematika bukan lagi sekedar perhitungan sederhana, bahkan bisa jadi Anda sendiri keteteran mengikutinya. Jadi cari solusi bila memang anak Anda mulai kerepotan dengan tuntutan sekolah. Meski memang pada dasarnya Anda tidak perlu memaksa anak untuk menguasai semua ilmu dengan sempurna. Karena di sini perhitungan jumlah, kurang bagi dan kali sudah masuk dalam wahana aplikasi dalam dunia nyata.
  4. Mereka mulai berkenalan pada bangun ruang 3 dimensi secara lebih rumit. Karena pada tahap ini angka tidak lagi hanya sempit pada angka 1 -10 saja, angka minus, beberapa angka di belakang koma sudah diperkenalkan.
  5. Mereka akan diperkenalkan pada kompleksitas makhluk hidup dan dunia astronomi sederhana.Pada dasarnya mereka akan berkenalan dengan konsep dasar alam semesta.
  6. Bila sebelumnya mereka di tuntut untuk menulis secara sederhana dan membuat cerita pendek, maka kemampuan menulis mereka harus meningkat menjadi kemampuan membuat essai.

Dari sisi psikologi, kehidupan mereka sudah mulai memasuki era praremaja. Jadi bekali mereka dengan kemampuan menganggulagi kehidupan dan konflik praremaja mereka. Beberapa dari mereka mungkin sudah mengenal hubungan pertemanan dan ikatan-ikatan. Mereka juga mulai memiliki konflik popularitas. Demikian yang bisa saya ulas mengenai apa yang anak Anda hadapi dikelas 4 SD.

Ini Yang Anak Anda Pelajari Di Kelas 4 SD was last modified: October 7th, 2013 by

Gallery of Ini Yang Anak Anda Pelajari Di Kelas 4 SD