Jauhi 4 Kesalahan Ini Dalam Menentukan Harga Produk

Memasang bandrol harga bagi produk kerap kali menjadi masalah pelik bagi pelaku usaha. Karena ada banyak sisi yang perlu Anda pertimbangkan dalam menentukan harga, dan ini bisa menggiring Anda dalam polemik.

jauhi 4 kesalahan ini dalam menentukan harga produk

Pasalnya dalam menentukan harga, melekat unsur profit dan penjualan. Siapa pelaku usaha yang tidak ingin produknya laku keras, dan ternyata harga juga memiliki peran besar dalam mendatangkan pembeli. Pada sisi lain, pada harga produklah Anda menggantungkan profit dari usaha Anda. Jadi menentukan harga memiliki kompleksitas yang cukup memusingkan. Begitu pusingnya hingga akhirnya pelaku usaha terjerumus dalam kesalahan praktek menentukan harga seperti dibawah ini.

  1. Profit terlalu rendah
    Pada umumnya penjual memilih menekan keuntungan dari pada memaksimalkan keuntungan dari setiap item produknya. Langkah ini pada satu sisi bijak, karena dengan menekan harga biasanya penjualan akan meningkat dan otomatis keuntungan total Anda juga ikut besar. Tapi sadarkah Anda bahwa laba itu sama dengan oksigen bagi usaha Anda. Bila Anda berada dikawasan rendah oksigen, maka Anda akan merasa sesak. Jadi pertimbangkan ruang gerak usaha Anda ketika Anda memasang laba, jangan sampai keuntungan mepet justru membuat Anda sesak untuk bergerak. Abaikan harga dari pesaing Anda dan fokuslah pada efisiensi.
  2. Memasang Margin sama rata
     Tiap produk memiliki potensi yang berbeda, bahkan sebuah produk yang sama bisa Anda jual dengan harga berbeda pada pasar yang berbeda. Secangkir teh manis di sebuah angkringan dengan di sebuah lounge elit tentu saja akan berbeda harga. Jadi kenali potensi masing-masing produk dan masing-masing pasar sebelum Anda mematok margin dan menentukan harga.
  3. Mengabaikan faktor biaya mikro
    Jangan pernah mengabaikan faktor biaya meski itu biaya mikro sekalipun. Beberapa item biaya kadang hanya bernilai sangat kecil sehingga tidak Anda masukan dalam perhitungan biaya. Sadarkah Anda bila Angka kecil ini terakulumasi selama sekian periode maka angka ini akan terlihat lebih besar?
  4. Terjebak dalam kontes diskon
    Pada saat musim diskon seperti menjelang lebaran atau pada akhir tahun, maka Anda mau tidak mau akan terseret dalam arus diskon raya. Tapi jangan sampai Anda terseret dalam kontes diskon besar-besaran dengan pesaing Anda karena ini justru akan menjerumuskan Anda  pada diskon yang tidak masuk akal. Hitung keuntungan yang sudah Anda dapatkan dari produk yang sudah terjual, hitung biaya dasar dengan spesifik dan pastikan diskon Anda tidak membuat Anda jatuh merugi.
Jauhi 4 Kesalahan Ini Dalam Menentukan Harga Produk was last modified: September 16th, 2013 by

Gallery of Jauhi 4 Kesalahan Ini Dalam Menentukan Harga Produk