Jurusan Kesehatan, Masih Menjadi Jurusan Favorit

Jurusan Kesehatan, Masih Menjadi Jurusan Favorit

Bagi para lulusan SMA, jurusan kesehatan termasuk salah satu jurusan yang paling diminati karena dianggap memiliki peluang kerja dan masa depan yang lebih baik daripada jurusan lainnya. Selain itu untuk masuk ke jurusan ini, secara umum biayanya juga lebih mahal dan persaingannya juga sangat ketat. Selain itu, pengaruh gelar profesi yang akan didapat saat lulus juga turut mempengaruhi minat para calon mahasiswa misalnya gelar dr untuk dokter umum, drg untuk dokter gigi, dan berbagai gelar lannya.

Mahasiswa jurusan kesehatan setelah lulus nantinya akan lebih banyak berhubungan langsung dengan masyarakat karena tujuan dari jurusan kesehatan memang ingin meningkatkan taraf kesehatan di masyarakat. Namun, mahasiswa jurusan kesehatan tentu memiliki spesifikasi masing – masing yang berbeda misalnya misalnya dokter gigi, dokter THT, perawat, apoteker, dokter umum, dll.

Beberapa jurusan kesehatan untuk tingkat S1 yang ada di Indonesia saat ini meliputi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Umum. Dalam bidang kedokteran, mahasiswa harus memiliki kemampuan menghafal yang kuat karena jurusan ini mempelajari tentang anatomi fisiologi tubuh, penyaki – penyakit, dan obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkan pasien sehingga bagi Anda yang suka menghafal dan senang berinteraksi dengan masyarakat, jurusan kesehatan merupakan pilihan yang tepat untuk dipilih.

Farmaasi adalah jurusan yang erat kaitannya dengan ilmu biologi dan kimia karena di jurusan ini mahasiswa tidak hanya akan diajari tentang cara membuat obat tetapi mereka juga akan mempelajari tentang proses perjalanan obat dalam tubuh manusia sehingga mereka juga akan mempelajari anatomi fisiologi tubuh.

Dalam pembuatan obat diperlukan kemampuan lebih dalam berlogika karena mahasiswa dituntut untuk mampu memilih bahan aktif hingga merancang formula yang tepat sehingga dapat menciptakan obat yang aman, efektif, dan stabil. Dalam jurusan farmasi, mahasiswa juga akan mempelajari tentang obat bahan alam.

Sementara itu, jika berbicara mengenai peluang kerja, lulusan dari farmasi tidak hanya dapat bekerja sebagai apoteker tetapi juga dapat bekerja di BPOM, Industri Farmasi, atau bahkan berwirausaha.

Selain farmasi, jurusan kesehatan lain yang  banyak diminati adalah perawat dan bidan. Jurusan ini menawarkan peluang kerja yang sama dengan jurusan kesehatan lainnya. Selain itu, biaya studi untuk jurusan perawat juga lebih murah.

Jurusan Kesehatan, Masih Menjadi Jurusan Favorit was last modified: May 27th, 2013 by

Gallery of Jurusan Kesehatan, Masih Menjadi Jurusan Favorit