Kebiasaan Makan Bersama Baik Untuk Anak

makan bersamaSetiap keluarga memiliki gaya masing-masing ketika sedang berada dimeja makan. Ada keluarga yang membiasakan anaknya untuk tenang dan tidak berisik ketika sedang makan, ada pula keluarga yang justru memanfaatkan momen makan bersama sebagai media pertemuan anak dan orang tua yang nantinya akan digunakan untuk berbagi berbagai hal bersama.

Tahukah anda dua kebiasaan yang berbeda ini ternyata memiliki dampak besar terhadap kesehatan fisik dan kesehatan emosional anak.

Dilansir situs Newsmaxhealth.com, sebanyak 70 persen responden termasuk remaja terbiasa makan malam bersama. Hanya saja, sebagian besar dari mereka lebih senang makan sambil nonton TV atau sibuk dengan gadgetnya dibandingkan ngobrol dengan keluarganya.

Tanpa disadari mengobrol pada saat makan bersama akan memberikan banyak manfaat loh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa remaja yang rutin makan malam dengan orangtua  mereka lebih terjaga dari depresi, rokok dan  narkoba.

Selain itu, anak-anak yang terbiasa makan bersama orang tuanya memiliki berat badan yang terjaga. Hal ini karena terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan si anak, dibandingkan jajan diluar.

Kebiasaan mengobrol pada saat makan bersama akan menambah kedekatan hubungan anak dan orangtuanya. Selain itu, momen ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengajarkan anak berbagai hal seperti sopan santun ataupun bagaimana berpriaku yang baik.

Kebiasaan untuk makan bersama akan membiasakan anda untuk menyiapkan segala sajian dan hidangan sendiri. Pemilihan bahan makanan yang dilakukan sendiri akan mengurangi resiko tercampurnya bahan-bahan berbahaya, sekaligus memberikan gizi yang tepat kepada seluruh anggota keluarga.

 

Kebiasaan Makan Bersama Baik Untuk Anak was last modified: July 28th, 2013 by

Gallery of Kebiasaan Makan Bersama Baik Untuk Anak