Kenapa Usaha Anda Harus Punya Manajemen Keuangan

Menjalankan sebuah usaha sudah pasti melibatkan sejumlah uang, baik itu sebagai modal, keuntungan dan dalam arus uang. Jadi ketika seorang menafikan keberadaan manajemen keuangan dalam usahanya, maka Anda juga akan kehilangan control atas semua peran uang dalam bisnisnya.

kenapa usaha anda harus punya manajemen keuangan

Sederhananya, bagaimana Anda bisa tau berapa besar modal yang Anda butuhkan, bila Anda tidak membuat perencanaan. Bagaimana Anda tau besar keuntungan usaha Anda, bila Anda tidak menghitung biaya produksi dan margin Anda. Bagaimana Anda bisa mengerti besaran kas yang Anda milikidan tingkat kewajaran usaha Anda bila Anda tidak tau arus kas usaha Anda.

Tapi lebih dari itu ada 4 Manfaat kenapa seorang perlu membuat manajemen keuangan untuk usahanya, yakni :

  1. Menentukan anggaran
    Anggaran bisa dikatakan sebagai koridor dalam sebuah usaha, koridor yang berfungsi untuk memberi batasan atas penggunaan keuangan dalam usaha. Anggaran juga berfungsi sebagai proyeksi atas kebutuhan modal pada usaha Anda. Ketika Anda memulai usaha, Anda akan menentukan besaran setiap pos biaya, kebutuhan kas hingga aset yang perlu Anda miliki. Semua ini adalah bagian dari anggaran. Pemanfaatan anggaran akan terus berlanjut pada saat Anda melakukan perencanaan lajutan dalam usaha Anda.
  2. Dasar Perencanaan
    Aspek lain dari manajemen keuangan adalah laporan dari periode lalu. Hasil laporan keuangan inilah yang kemudian menjadi salah satu dasar dalam perencanaan usaha di periode selanjutnya. Menentukan proyeksi biaya , penjualan hingga keuntungan dan rencana pengembangan usaha pada periode mendatang.
  3. Mengetahui kondisi kas
    Penjualan Anda bisa saja besar dengan omset sangat tinggi, tapi bisa jadi kondisi kas Anda memprihatinkan. Ini karena Anda tidak sepenuhnya mengontrol arus kas Anda. Tidak setiap penjualan berarti pemasukan, karena juga ada penjualan kredit. Padahal bila ketersediaan kas Anda minim, Anda akan kesulitan dalam menjalankan roda usaha Anda secara harian.
  4. Supervisi keuangan
    Laporan keuangan juga memiliki manfaat penting dalam proses supervise. Dari laporan Anda bisa melakukan evaluasi atas kondisi keuangan pada periode lalu, kesalahan-kesalahan yang mungkin bisa Anda perbaiki pada periode sekarang juga memberikan reward pada tim sukses usaha Anda.
Kenapa Usaha Anda Harus Punya Manajemen Keuangan was last modified: September 26th, 2013 by

Gallery of Kenapa Usaha Anda Harus Punya Manajemen Keuangan