Kendaraan Overload Membahayakan Banyak Nyawa

overloadTidak lama lagi bulan Ramadhan akan segera datang. Kebiasaan wajib yang sudah menjadi kebiasaan dan dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia adalah mudik atau pulang kampung. Rutinitas mudik tahunan yang biasanya dilakukan tiap menjelang hari raya idul fitri ini digunakan sebagai sarana mempererat tali silahturahmi sekaligus untuk melepas kangen kepada kampung halaman, terutama bagi mereka yang hidup di tanah rantau.

Kebiasaan ini disambut dengan suka cita oleh semua orang. Semua orang berduyun-duyun menuju kampung halaman masing-masing dengan berbagai macam kendaraan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Disinilah biasanya timbul permasalahan, karena jumlah penumpang yang melonjak derastis pada hari-hari menjelang lebaran terkadang pihak pengelola angkutan umum memaksakan jumlah penumpang yang melebihi batas kuota penumpang seharusnya. Akibatnya kondisi kendaraan menjadi tidak stabil karena kelebihan muatan atau overload.

Tidak hanya angkutan umum, kendaraan-kendaraan pribadi seperti mobil dan motor pun sama saja. Banyak dari mereka yang membawa barang diluar batas kewajaran bahkan ada yang sampai menumpukan barangnya di bagian atas mobil atau di bagian belakang pada motor. Tentu saja hal ini bisa berdampak fatal.

Tragedi yang cukup menggemparkan 2 tahun yang lalu menimpa artis Syaiful Jamil yang mengalami kecelakaan di km 97 tol cipularang hingga mengakibatkan satu orang penumpang yang tidak lain adalah istri Syaiful Jamil sendiri meninggal dunia. Kecelakaan ini diduga karena jumlah penumpang yang melebihi kapasitas seharusnya sehingga mengakibatkan mobil hilang keseimbangan dan tidak stabil hingga akhirnya tidak dapat dikendalikan.

Seharusnya peristiwa tersebut dijadikan bahan renungan bagi para pemudik untuk sangat memperhatikan jumlah muatan agar tidak melebihi kapasitas. Karena dampak yang ditimbulkan tidak kecil bisa berakibat fatal bahkan bisa sampai menghilangkan nyawa seseorang.

Bawalah barang-barang yang dianggap perlu saja. Jangan membawa barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Selain itu, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik serta persiapkan kelengkapan kendaraan. Faktor yang paling utama jika dirasa supir sudah merasa lelah atau mengantuk maka biarkanlah istirahat jangan dipaksa untuk terus melajukan kendaraan karena ini juga bisa mengganggu konsentrasi dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

 

 

Kendaraan Overload Membahayakan Banyak Nyawa was last modified: June 7th, 2013 by

Gallery of Kendaraan Overload Membahayakan Banyak Nyawa