Kesalahan Menu Sahur, Tubuh Menjadi Lemas dan Ngantuk

teluurPuasa sudah memasuki fase 10 hari kedua, kemungkinan kondisi tubuh mulai mengalami penurunan. Sehingga tidak jarang ditemui orang-orang yang mengeluh mudah ngantuk dan lemas.

Sebenarnya masalah ngantuk dan lemas ini bisa dipengaruhi oleh pola makan yang salah pada saat sahur. Ada apa dengan pola makan?

Saat puasa, kerja tubuh selama sehari penuh sangat dipengaruhi oleh menu makan yang anda santap saat sahur.  Jenis asupan yang biasa dikonsumsi masyarakat saat sahur kebanyakan makanan yang tinggi akan karbohidrat dan gula, seperti nasi putih.

Seorang praktisi gaya hidup dr. Phaidon L. Toruan menjelaskan bahwa nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana yang akan cepat menaikkan gula darah namun cepat juga menurunkannya sehingga tubuh pun menjadi terasa lemas, ngantuk, cepat lapar dan ingin makan lagi dan lagi.

Sama halnya dengan teh manis yang biasanya dikonsumsi orang-orang saat sahur. Kebanyakan orang menganggap dengan minum teh manis makan puasa akan lebih bertenaga, padahal tidak begitu.

Gula memang dapat memberikan energi secara instan, hanya saja energi tersebut hanyalah energi palsu yang hanya akan membuat tubuh menjadi cepat lemas beberapa saat kemudian.

“Gula membuat kadar gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Akibatnya tubuh jadi cepat lemas. Sebaiknya minum jus buah alami tanpa gula,” tuturnya.

Lalu pola makan yang bagaimana yang baik untuk sahur?

Praktisi Yoga dan Food Combining, Erika Lebang, menjelaskan dalam buku terbarunya yang berjudul “Food Combining di Bulan Ramadhan”, jika Food Combining bisa dijadikan pilihan karena cara tersebut bisa membuat anda tidak ngantuk dan lemas saat puasa.

Aturan dalam Food Combining adalah sebagai berikut:

  1. Memulainya dengan mengkonsumsi buah.
  2. Dilanjutkan dengan menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti menu sahur lanjutan.
  3. Jangan mengkonsumsi menu karbohidrat dengan protein karena protein hewani sangat sulit dicerna oleh tubuh, sebaiknya gabungkan karbohidrat tersebut dengan sayur segar.
Kesalahan Menu Sahur, Tubuh Menjadi Lemas dan Ngantuk was last modified: July 20th, 2013 by

Gallery of Kesalahan Menu Sahur, Tubuh Menjadi Lemas dan Ngantuk