Keutamaan 10 Hari Ketiga Ramadhan

lailatul qodarSetelah pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai keutamaan 10 hari pertama dan kedua Ramadhan maka kali ini gelumbang.com akan membahas mengenai 10 hari ketiga Ramadhan atau 10 hari terakhir Ramadhan yang merupakan penutup bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Pada 10 hari ketiga Ramadhan bisa jadi kondisi fisik tubuh sudah turun dan mulai melemah sehingga lebih cepat lelah selama beraktivitas namun dijelaskan dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)”

Akhir bulan atau 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan Allah menjanjikan akan memberikan pembebasan dari api neraka bagi mereka yang menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan hanya mengharapkan Rhido-Nya.

Sebaik-baiknya akhir adalah yang dipenuhi dengan kebaikan agar akhir bulan Ramadhan kita tahun ini memberikan segala keberkahannya maka hendaklah mengisi akhir-akhir Ramadhan dengan melakukan ibadah sebanyak-banyaknya serta mencurahkan segala daya dan upayanya untuk meningkatkan amal ibadahnya supaya tidak terlewatkan sedikitpun kesempatan untuk mendapatkan rahmat, ampunan serta pembebasan dari api neraka-Nya.

Selain itu Ummul Mu`minin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisahkan tentang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada 10 terakhir Ramadhan : “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki 10 terakhir Ramadhan, beliau mengencangkan tali sarungnya (yakni meningkat amaliah ibadah beliau), menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan istri-istrinya.”

Begitu istimewanya akhir Ramadhan ini hingga Raasullullah memberikan perlakuan istimewa dengan semakin memperbanyak amalan ibadah, menghidupkan malam-malamnya dengan shalat malam dan membangunkan istri-istrinya untuk ikut menghidupkan malam dengan shalat dan dzikir.

Selain itu karena begitu istimewanya 10 hari ketiga Ramadhan Rasullullah SAW melakukan itikaf pada 10 malam-malam ini. Beliau  memutuskan untuk menghentikan segala aktivitas duniawinya untuk kemudian berkonsentrasi mengejar ibadah sebanyak-banyaknya.

Dan yang terakhir keistimewaan 10 malam ketiga Ramadhan ini adalah adanya malam Lailatul Qadar di salah satu malam ganjil pada 10 hari terakhir Ramadhan. Satu malam yang dilimpahi berkah dan lebih baik dari seribu bulan.

 

 

Keutamaan 10 Hari Ketiga Ramadhan was last modified: July 9th, 2013 by

Gallery of Keutamaan 10 Hari Ketiga Ramadhan