Kiat Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Kiat Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Pengumuman kelulusan ujian nasional yang baru saja berlangsung tentu telah membuat siswa – siswi SMA/SMK/MA menjadi lega. Namun perjalanan sebenarnya masih panjang karena bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih harus menentukan perguruan tinggi dan jurusan apa yang akan mereka pilih.

Jurusan di perguruan tinggi adalah kompas untuk mahasiswa selama menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah. Selain itu, jurusan itu juga yang akan menentukan masa depan para mahasiswanya. Beberapa orang mengatakan bahwa memilih jurusan adalah hal yang mudah. Namun, banyak yang mengatakan bahwa memilih jurusan memerlukan pertimbangan ekstra. Dengan memilih jurusan yang sesuai, proses pembelajaran selama kuliah diharapkan menjadi lebih mudah dan lancar.

Demikian pula saat lulus kuliah nanti dimana para lulusan diharapkan menawarkan peluang kerja yang menjanjikan. Lalu, bagaimana caranya memilih jurusan yang benar?

 

  • Pilih Sesuai Minat

Pertama – tama pastikan dulu apa minat Anda. Tanpa minat, maka segala hal yang dilakukan hanyalah formalitas. Misalnya, jika ketertarikan Anda terdapat pada dunia seni, maka pilihlah jurusan yang mengandung seni di dalamnya misalnya sastra Indonesia, seni rupa, dll.

  • Pelajari Jurusan Sebelum Memilih

Pelajari terlebih dulu apa yang akan Anda dapat saat memilih jurusan tersebut. Anda dapat memanfaatkan media elektronik untuk mencari berbagai informasi yang Anda butuhkan. Jangan sampai harapan untuk mendapatkan sesuatu pada jurusan tersebut menjadi penyesalan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan

  • Lihat Prospek Lulusan

Setelah lulus kuliah, Anda tentu berharap bisa dengan mudah mencari dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang Anda. Anda harus menentukan nantinya Anda akan bekerjadimana. Pikirkan peluang kerja dari jurusan yang Anda pilih untuk lima sampai 10 tahun ke depan sehingga memberikan keterjaminan peluang kerja saat Anda lulus.

  • Hitung Berapa Biaya yang Diperlukan

Hal yang tidak kalah penting adalah menghitung semua biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah mulai dari biaya pendaftaran, sumbangan, registrasi SPP, biaya kuliah per semester, kelulusan, makan, tempat tinggal, dan biaya – biaya tak terduga. Hal ini akan membantu Anda dan orangtua mempersiapkan biayanya lebih matang.

  • Cari Beasiswa

Jika Anda ingin memilih jurusan tertentu namun ketika dihitung – hitung keadaan finansial tidak mendukung, pastikan bahwa jurusan yang Anda pilih menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswanya mulai dari beasiswa bagi yang kurang mampu sampai beasiswa prestasi.

Kiat Memilih Jurusan Perguruan Tinggi was last modified: May 27th, 2013 by

Gallery of Kiat Memilih Jurusan Perguruan Tinggi