Kiat Mengatasi Rasa Takut

kiat mengatasi rasa takut

Rasa takut menurut para ahli psikologi merupakan perasaan negatif yang muncul karena teridentifikasinya sebuah stimulus. Perasaan takut juga sering diikuti dengan adanya perubahan kognitif, fisiologis, dan tingkah laku. Rasa takut ini muncul secara alami dan tidak bisa dihindari. Namun, sebenarnya rasa takut dapat dikelola sehingga tidak berdampak destruktif pada orang yang mempunyai rasa takut tersebut.

Rasa takut atau gugup adalah hal yang wajar dan alami seperti halnya rasa lapar dan rasa haus. Perasaan – perasaan ini adalah hal yang normal selama kita dapat mengaturnya dengan baik karena rasa takut menjadi hal penting untuk lebih berhati – hati.

Rasa takut membuat kita tidak dapat beranjak kemana – mana dan membuat diri kita merasa khawatir. Artinya rasa takut dapat membuat hidup kita menjadi semakin sempit. Sebaliknya, keberanian ada bukan karena tidak adanya rasa takut. Keberanian muncul karena ada kemampuan untuk mengelola rasa takut.

Hampir semua orang merasakan hal yang sama saat mengalami rasa takut yaitu detak jantung jadi tidak teratur. Anda harus mampu mengendalikan rasa takut karena Anda lah yang mampu menolong diri Anda sendiri. Maka, saat rasa takut itu datang, atur napas Anda. Ambil nafas berkali – kali dengan tenang. Bagi Anda yang sering mengalami rasa takut, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Belajar Teknik Relaksasi

Takut bisa berakibat pada masalah kesehatan. Jika rasa takut yang Anda alami sudah mulai mengganggu kesehatan, pelajari teknik – teknik relaksasi yang bisa membantu Anda menghadapi rasa takut tersebut.

Berbagi Dengan Teman

Besar atau kecilnya sebuah rasa takut akan semakin buruk saat Anda menghadapinya sendiran. Cari teman untuk berbagai ketakutan dengan teman tersebut. Biasanya banyak orang yang cenderung tidak mau mengakui rasatakut karena khawatir jika orang lain akan mengecilkan kita.

Hadapi Rasa Takut

Langkah terakhir adalah menghadapi rasa takut tersebut. Beberapa rasa takut itu sebenarnya sehat dan beberapa kondisi harus dihindari untuk keamanan diri Anda. Menghadapi rasa takut merupakan sebuah proses. Anda harus mampu mengalahkan diri Anda sendiri untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan.

Kiat Mengatasi Rasa Takut was last modified: May 23rd, 2013 by

Gallery of Kiat Mengatasi Rasa Takut